Agar Kegiatan Menyusui Nyaman untuk Ibu dan Bayi, Ini 6 Posisi yang Bisa Dicoba

Ilustrasi. - Freepik
05 Agustus 2020 06:57 WIB B. Bawono Kristiaji Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA -- Pekan pertama pada bulan Agustus menjadi Pekan Menyusui Sedunia. Setiap tahun, agenda ini dirayakan mulai tanggal 1 hingga 7 Agustus untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menyusui dan meningkatkan kesehatan bayi di seluruh dunia.

Tema World Breastfeeding Week 2020 adalah "Mendukung menyusui untuk planet yang lebih sehat". Menyusui, juga disebut menyusui, adalah proses alami menyusui bayi dengan ASI langsung dari payudara ibu.

Baca juga: Anda Jarang Ganti Masker? Masalah Kesehatan Akan Mengintai

Penting dan perlu untuk menyusui bayi Anda setelah lahir karena memberikan manfaat kesehatan, gizi dan emosional bagi bayi dan ibu . Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan pemberian ASI dalam waktu satu jam setelah bayi dilahirkan hingga paling tidak enam bulan. Sambil terus menyusui, makanan bergizi juga harus ditambahkan hingga dua tahun atau lebih.

Walaupun menyusui adalah proses alami, tidak selalu mudah ketika menyusui bayi Anda dalam posisi yang tepat, terutama untuk ibu baru. Seorang ibu mungkin membutuhkan bantuan tambahan untuk belajar bagaimana memposisikan dirinya saat menyusui sehingga bayinya dapat menyusui dengan nyaman dan mendapatkan ASI yang cukup.

Baca juga: Ini 8 Makanan Penurun Kolesterol untuk Cegah Penyakit Jantung dan Stroke

Dikutip dari Boldsky.com, ketika Anda memiliki bayi pertama Anda dan menyusui adalah hal baru bagi Anda, Anda mungkin ingin mencoba beberapa posisi menyusui umum yang paling cocok untuk Anda dan bayi Anda.

1. Posisi duduk

Duduk adalah salah satu posisi menyusui yang umum. Dalam posisi ini, Anda harus duduk dengan nyaman. Pegang bayi Anda dengan kedua tangan Anda dan gendong bayi Anda di dekat payudara. Kepala bayi dipeluk di dekat siku Anda dan lengan Anda menopang punggung dan leher bayi.

2. Posisi memegang cross-cradle

Posisi memegang cross-cradle sangat ideal untuk bayi yang baru lahir. Dalam posisi ini, Anda harus duduk lurus dengan nyaman di kursi dengan sandaran lengan. Bawa bayi Anda di depan tubuh Anda. Pegang bayi Anda di lekukan lengan di depan payudara. Posisikan lengan kanan untuk payudara kiri dan lengan kiri untuk payudara kanan.

Tahan bagian belakang leher dan kepala bayi dengan tangan Anda dan dengan tangan lainnya menopang payudara Anda dari bawah dan memegangnya dalam bentuk-U. Dalam posisi ini, ibu dapat memandu mulut bayi dengan mudah ke payudaranya. Jangan condong ke depan saat Anda berada di posisi ini.

3. Posisi memegang berbaring miring

Posisi berbaring miring bisa menjadi pilihan yang baik untuk ibu yang lelah dan ingin menyusui sambil berbaring. Berbaringlah di satu sisi sambil meletakkan kepala di atas bantal dan hadapkan mulut bayi ke arah puting susu dan dukung kepala dengan satu tangan.

4. Posisi bertahan ala sepakbola

Posisi bertahan sepakbola, juga disebut posisi pegangan kopling adalah pilihan yang sempurna untuk menyusui anak kembar dan juga jika Anda baru pulih dari persalinan sesar karena bayi Anda tidak berbaring di perut Anda. Selain itu, posisi ini adalah pilihan yang baik untuk ibu dengan payudara besar dan jika puting Anda rata.

Dalam posisi ini, Anda memegang bayi di samping Anda dengan siku ditekuk. Dukung kepala bayi Anda dengan tangan terbuka sambil meletakkan punggung bayi di lengan Anda. Wajah bayi Anda harus mengarah ke payudara Anda. Jika Anda memiliki anak kembar, Anda dapat memilih posisi sepak bola ini untuk menyusui bayi Anda.

5. Posisi santai

Posisi menyusui santai, juga dikenal sebagai pengasuhan biologis sering digunakan oleh ibu yang memulai menyusui pertama mereka. Ini adalah pilihan yang bagus jika Anda memiliki anak kembar. Dalam posisi ini, Anda berbaring dengan nyaman di tempat tidur atau sofa, hanya dalam posisi semi-berbaring. Dukung punggung, leher, dan bahu Anda dengan bantal.

Tempatkan bayi Anda di depan tubuh Anda sehingga wajah dekat payudara Anda dan kaki serta paha menyentuh Anda. Bayi Anda dapat menggeliat dan bergerak ke atas menuju payudara Anda dan mencoba untuk menempel pada payudara Anda. Jika Anda habis operasi caesar, Anda bisa meletakkan bayi Anda di bahu, sehingga kakinya tidak di dekat perut Anda.

6. Posisi memegang tegak

Posisi menyusui yang tegak, juga dikenal sebagai koala, adalah posisi menyusui yang nyaman dan efektif untuk bayi dengan infeksi telinga. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa posisi menyusui yang benar dapat mengurangi infeksi telinga dan infeksi saluran pernapasan.

Duduklah dalam posisi yang nyaman dan buat bayi Anda duduk tegak, menghadap Anda dan mengangkangi lutut Anda. Mendukung kepala dan punggung bayi Anda dengan satu tangan dan menopang payudara Anda dengan tangan yang berlawanan sehingga bayi Anda dapat menempel ke payudara Anda.

Sumber : Bisnis.com