3 Cara Mudah Menambah Tinggi Badan

Ilustrasi. - Freepik
15 Agustus 2020 13:57 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Memiliki postur tubuh tinggi akan meningkatkan percaya diri ketika berada dalam ruang publik. Karenanya, memiliki postur tubuh tinggi menjadi idaman semua orang.

Postur tubuh tinggi dan ideal bagi sebagian orang menjadi idaman karena ada beberapa profesi yang mengharuskan menunjang penampilan. Namun faktor tinggi badan pada umumnya ditentukan dari gen keturunan.

Selain faktor gen, pertumbuhan pada tumbuh dipengaruhi nutrisi yang dikonsumsi, kesehatan dan aktivitas fisik atau olahraga yang dilakukan pada masa tumbuh dan berkembang serta penyakit kronis yang dimiliki seseorang juga dapat mempengaruhi tinggi badan pertumbuhan.

Tinggi seseorang akan bertumbuh pesat disaat usia 16-18 tahun dan akan mengalami penurunan atau berhenti pada usia 20 tahun. Namun, bagi orang yang ingin mengubah penampilannya dengan menambah tinggi badan, ada beberapa tahapan untuk mengubahnya antara lain adalah berolahraga, istirahat yang cukup dan banyak makanan-makanan yang bergizi.

Nah apa saja olahraga, makanan maupun kegiatan yang lainnya yang dapat mendukung pertumbuhan tinggi badan? Simak penjelasan cara meninggikan badan paling mudah, berikut ini.

1. Konsumsi Makanan Bergizi

Menjaga diri dari makanan yang tidak sehat akan menyebabkan terganggunya kesehatan dan juga mengurangi pertumbuhan tubuh. Menjaga asupan dengan makanan bergizi dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk meninggikan tinggi badan. Kandungan yang penting untuk dikonsumsi adalah protein, zat besi, kalsium dan Vitamin D.

  1. Makanan Protein
    Makanan ini dapat membantu pertumbuhan jaringan otot, tulang,kulit dan gigi. Makanan yang mengandung protein adalah keju, susu, ikan, oatmeal, daging sapi, telur.
  2. Makanan kalsium
    Makanan berkalsium tinggi dapat membantu perkembangan. memperkuat tulang dan gigi. Makanan yang mengandung kalsium adalah wijen, bayam, kol, lobak, yoghurt dan sumsum tulang sapi.
  3. Makanan Vitamin D
    Makanan yang mengandung vitamin D akan meningkatkan tinggi badan karena membentuk tulang. Makanan yang mengandung vitamin D adalah susu kedelai, sosis, jamur, minyak ikan, almond, tahu dan tempe.

2. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup dengan meningkatkan kualitas tidur akan dapat dengan cepat meninggikan badan secara alami. Produksi hormon pertumbuhan terjadi saat tidur. Oleh karena itu dokter memberikan anjuran untuk tidur kurang lebih 6 s.d. 8 jam dalam sehari.

Selain itu, posisi tidur juga dapat berpengaruh dalam proses meninggikan badan. Tidur dengan posisi yang salah bisa membuat tulang melengkung dan postur yang membungkuk.

Sedangkan cara tidur yang benar dan bisa membantu meninggikan badan adalah dengan tidur telentang. Untuk hasil yang lebih optimal jangan tidur dengan memeluk guling dan jangan gunakan bantal yang terlalu tinggi.

3. Olahraga teratur

Salah satu tahapan yang wajib untuk dilakukan adalah dengan berolahraga. Olahraga yang dapat digunakan untuk meninggikan badan antara lain olahraga basket, bersepeda, lompat tali dan berenang.

Jenis olah raga itu dapat membantu memperbaikin postur tubuh agar tetap tegak dan tegap. Saat berenang tubuh akan melatih kekuatan otot tubuh.

Dengan olahraga basket, tubuh akan banyak berlari dan melompat melawan gravitasi sehingga otot dan tulang menjadi renggang secara maksimal.

Sama seperti basket, lompat tali dan bersepeda juga akan menambah otot kaki terstimulasi sehingga tubuh menjadi lebih tinggi.

Selain melakukan hal-hal yang telah disebutkan diatas, alangkah baiknya untuk menghentikan kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat mempengaruhi pertumbuhan tubuh antara lain sering bergadang, makan dan minum yang tidak begizi, kurang melakukan olahraga dan aktivitas-aktivitas lain yang tidak sehat.

Untuk mendapatkan kualitas tumbuh kembang yang baik, diikuti dengan niat yang sudah melekat dalam diri untuk melakukan tahap-tahapan untuk menambah tinggi badan.

Sumber : Suara.com