Advertisement

Kandungan dalam Kopi Bisa Merugikan Tubuh, tapi Bisa Juga Menguntungkan

Newswire
Senin, 17 Agustus 2020 - 16:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Kandungan dalam Kopi Bisa Merugikan Tubuh, tapi Bisa Juga Menguntungkan Ilustrasi. - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Kafein yang terkandung dalam kopi memiliki efek vasokonstriktor. Fungsinya dapat menurunkan ukuran pembuluh darah sehingga bisa meningkatkan tekanan darah.

Namun, rupanya kandungan lain dalam kopi seperti antioksidan malah bisa melindungi pembuluh darah Anda.

Advertisement

Melansir dari Medical News Today, menurut sebuah ulasan yang terbit pada 2017, dikatakan bahwa peningkatan konsumsi kopi dikaitkan dengan sedikit penurunan hipertensi.

Para peneliti menemukan setidaknya ada 9% penurunan risiko hipertensi saat minum 7 cangkir kopi per hari. Sementara, ada penurunan risiko 1% untuk setiap cangkir tambahan per hari.

Ulasan yang sama menunjukkan bahwa senyawa bermanfaat dalam kopi, seperti fenol, mungkin memiliki efek perlindungan pada pembuluh darah.

Para peneliti juga mencatat bahwa variasi genetik di antara individu dapat memengaruhi cara mereka memetabolisme kafein.

Sementara itu, sebuah tinjauan lain yang juga terbit pada tahun 2017 menyimpulkan bahwa orang dengan tekanan darah tinggi harus berhati-hati saat minum kopi tetapi tidak perlu menghindarinya.

Tinjauan tersebut menemukan bahwa meskipun ada laporan tentang hubungan antara minum kopi dan hipertensi, studi yang lebih baru menunjukkan bahwa 3 sampai 4 cangkir sehari memiliki efek netral dan menguntungkan.

Sebuah studi tahun 2016 terhadap 40 peminum kopi biasa yang sehat menemukan bahwa semua jenis kopi meningkatkan tekanan darah tetapi kadarnya tetap dalam kisaran sehat.

Kenaikan tekanan darah bersifat sementara tapi masih bisa bertahan 3 jam setelah konsumsi kopi. Karena kopi mengandung banyak senyawa berbeda selain kafein, senyawa lain dapat menjadi penetral tekanan darah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pemkab Sleman Sosialisasikan Program Kampung Hijau

Sleman
| Sabtu, 20 April 2024, 07:17 WIB

Advertisement

alt

KPK Ungkap Mantan Kepala Bea Cukai Jogja Lakukan Pencucian Uang Capai Rp20 Miliar

News
| Sabtu, 20 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement