Vaksin Covid-19 Pertama di Dunia Dipatenkan, Berasal dari China

Ilustrasi dokter akan menyuntikkan vaksin - istimewa
17 Agustus 2020 19:07 WIB Mia Chitra Dinisari Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Dunia saat ini telah memiliki vaksin Covid-19 yang telah mendapat izin edar dan dipatenkan. Vaksin tersebut diproduksi oleh CanSino Biologics dari China. 

CanSino telah memenangkan persetujuan paten dari Beijing untuk kandidat vaksin Covid-19 Ad5-nCOV. Vaksin keluaran Cansino ini akan menjadi yang pertama memiliki izin produksi dan edar di dunia.

Ini juga paten vaksin COVID-19 pertama yang diberikan oleh China. Paten itu sendiri dikabarkan dikeluarkan oleh regulator kekayaan intelektual negara itu pada 11 Agustus 2020 lalu. Vaksin buatan Cansino ini dikembangkan dengan cara non replicator viral vector.

Arab Saudi mengatakan bulan ini berencana untuk memulai uji klinis fase 3 untuk vaksin CanSino. CanSino juga mengatakan sedang dalam pembicaraan dengan Rusia, Brasil, dan Chili untuk meluncurkan uji coba Fase III di negara-negara tersebut.

Karena kabar tersebut, saham CanSino Hong Kong naik sekitar 14% di sesi pagi hari Senin, dan kembali naik 6,6% pada tengah hari.

Sumber : bisnis.com