Ini Alasan Mengikuti Meeting Online Bisa Sangat Melelahkan

Ilustrasi - Rantchic
20 Agustus 2020 01:27 WIB Desyinta Nuraini Lifestyle Share :

Harianjogja,com, JAKARTA - Bekerja dari rumah dan rapat online telah menjadi hal yang biasa di masa pandemi Covid-19.

Meskipun bekerja dari rumah mungkin memiliki keistimewaan sendiri pada awalnya, Anda mungkin memperhatikan bahwa video call dan konferensi video terasa lebih melelahkan daripada interaksi tatap muka langsung. Jika benar demikian, berikut alasannya seperti dilansir Times of India, Rabu (19/8/2020) :

1. Mencari isyarat nonverbal

Dalam percakapan normal, kita banyak berkomunikasi melalui isyarat nonverbal. Namun, menjadi sangat sulit untuk melihat isyarat non-verbal orang lain selama panggilan video karena kita hanya dapat melihat orang tersebut dari pinggang ke atas.

Secara tidak sadar tubuh kita masih mencoba untuk menjawab pertanyaan nonverbal sebanyak mungkin dan ini menyebabkan peningkatan kelelahan dan hilangnya energi. Dalam situasi normal, pembicara dapat memahami minat penonton hanya dengan melihat mereka dan isyarat nonverbal mereka, tetapi secara online, menjadi sangat sulit bagi pembicara untuk memahami audiens mereka. Tekanan mental ini meningkatkan stres dan kelelahan.

2. Kecemasan bahwa seseorang mungkin masuk begitu saja

Saat kita melakukan video call terkait pekerjaan, pikiran bahwa seseorang mungkin masuk begitu saja selalu ada di benak kita. Bekerja dari rumah tidak memberikan ruang pribadi yang cukup bagi siapa pun di rumah dan meminta seseorang berjalan di ruangan atau menghadiri rapat tampaknya tidak menyenangkan. Hal ini dapat menyebabkan stres dan kecemasan yang tidak diinginkan.

3. Menyeimbangkan pekerjaan dengan pekerjaan rumah tangga

Banyak orang sekarang harus mengatur pekerjaan rumah tangga bersama dengan pekerjaan mereka. Mengelola dua pekerjaan menambah banyak tekanan pada seseorang dan meningkatkan beban kerja, baik secara mental maupun fisik.

4. Latar belakang bisa jadi norak

Ada orang yang latar belakangnya bisa sangat norak dan mereka dapat menyebabkan gangguan saat bekerja online. Kita cenderung melihat ruang di belakang kolega kita dan memperhatikan latar belakang mereka seperti tirai, tanaman, lukisan, dan lain-lain. Latar belakang yang banyak diamati dapat menyebabkan gangguan dan memengaruhi konsentrasi kita.

5. Stres atas penampilan

Kita sering melihat diri sendiri lebih banyak selama panggilan video kantor. Selama rapat panggilan video, seseorang harus memastikan bahwa dia terlihat rapi dan ini dapat menyebabkan stres yang tidak diinginkan karena tidak ada yang ingin terlihat berantakan atau acak-acakan, terutama sekarang karena semua bentuk komunikasi dibatasi secara online.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia