Advertisement

Rekomendasi WHO, Anak Usia 12 Tahun ke Atas Pakai Masker

John Andhi Oktaveri
Minggu, 23 Agustus 2020 - 11:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Rekomendasi WHO, Anak Usia 12 Tahun ke Atas Pakai Masker Who

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Anak-anak usia di atas usia 12 tahun diwajibkan memakai masker layaknya orang dewasa, setelah korban meninggal akibat Covid-19 lebih dari 800.000 orang. Panduan tersebut dikeluarkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

WHO mengakui sedikit yang diketahui tentang bagaimana anak-anak menularkan virus, tetapi ada bukti bahwa remaja dapat menulari orang lain dengan cara yang sama seperti orang dewasa. Sedangkan anak-anak berusia lima tahun ke bawah tidak disarankan memakai masker, menurut pernyataan WHO seperti dikutip BBC.com, Minggu (23/8/2020).

Advertisement

Hingga kini lebih dari 800.000 orang dilaporkan meninggal akibat virus corona baru penyebab wabah Covid-19 di seluruh dunia.

Sedangkan setidaknya 23 juta kasus infeksi telah terdaftar, menurut Universitas Johns Hopkins. Kebanyakan dari korban meninggal dunia tercatat di AS, Brazil dan India. Akan tetapi, jumlah orang yang pernah terkena virus diyakini jauh lebih tinggi, karena pengujian yang tidak memadai dan kasus tanpa gejala.

Dirjen WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus memperkirakan pandemi akan berakhir dalam dua tahun, tetapi seorang penasihat ilmiah terkemuka di Inggris memperingatkan Covid-19 mungkin tidak akan pernah bisa diberantas sehingga orang-orang membutuhkan vaksinasi rutin.

WHO menyarankan anak-anak usia 6 sampai 11 tahun cukup dipasangkan masker kalau mereka berinteraksi dengan individu yang berisiko tinggi seperti orang tua. Organisasi itu juga menekankan perlunya pengawasan orang dewasa untuk membantu anak-anak menggunakan, memakai dan melepas masker dengan aman.

Sedangkan untuk para guru, WHO menyatakan di daerah-daerah di mana terdapat penularan yang meluas, semua orang dewasa di bawah usia 60 tahun dan yang secara umum memiliki kesehatan yang baik harus mengenakan masker kain ketika mereka tidak dapat menjamin jarak setidaknya satu meter dari orang lain.

"Sangat penting bagi orang dewasa yang bekerja dengan anak-anak yang mungkin memiliki kontak dekat dengan anak-anak dan satu sama lain."

Orang dewasa berusia 60 atau lebih, atau mereka yang memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya, harus memakai masker medis, katanya. Akan tetapi pedoman WHO tidak menentukan apakah seorang anak di atas usia 12 tahun harus memakai masker di sekolah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dapat Bantuan Dana Rp14 Miliar, Ini Ruas Jalan yang Akan Diperbaiki Pemkab Gunungkidul

Gunungkidul
| Kamis, 25 April 2024, 17:47 WIB

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement