Advertisement

Ini Cara Memisahkan Pekerjaan dengan Kehidupan Pribadi saat WFH

Krizia Putri Kinanti
Senin, 24 Agustus 2020 - 10:47 WIB
Sunartono
Ini Cara Memisahkan Pekerjaan dengan Kehidupan Pribadi saat WFH Ilustrasi - Startworknow

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA -- Meskipun sebagian besar dari kita senang dengan bekerja dari rumah saat pandemi pertama kali merebak, tapi orang-orang sebenarnya sudah mulai merindukan bekerja dari kantor.

Alasannya, karena keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan di rumah hampir tidak ada bagi kebanyakan dari kita.

Advertisement

Dikutip dari Times of India, Senin (24/8/2020), ada 5 cara Anda dapat memisahkan kehidupan pribadi dan pekerjaan dengan mudah.

1.Pahami area masalah Anda

Kenali apa yang menjadi masalah Anda. Semisal apakah Anda sulit bangun atau kesulitan melepaskan pekerjaan Anda setelah penghujung hari. Memahami tantangan Anda dan mengatasinya akan membantu Anda beralih antara kehidupan pribadi dan profesional dengan mudah.

2. Pasang alarm untuk mengingatkan Anda untuk istirahat

Di kantor, biasanya ada jam istirahat. Nah, bagaimana dengan di rumah yang tidak punya waktu khusus untuk itu?

Jika Anda tidak melepaskan diri dari pekerjaan Anda, Anda mungkin benar-benar merasa sedang bekerja selama 24 jam selama sepekan full, dan itu sesuatu yang bisa sangat melelahkan.

Daripada terus berusaha untuk menyelesaikan pekerjaan Anda, jadwalkan alarm sepanjang hari untuk mengingatkan Anda untuk isturahat. Anda bisa jalan-jalan, menelepon teman, atau hanya melakukan 10 menit meditasi selama waktu istirahat Anda.

3. Jauhkan tempat kerja dari kamar tidur Anda

Saat Anda tidur dan bekerja di ruangan yang sama, sebenarnya hal itu menghilangkan ketenangan dan kenyamanan yang terkait dengan kamar tidur Anda. Saat Anda menyimpan laptop dan materi terkait pekerjaan lainnya di luar kamar tidur, hal ini membantu otak mengasosiasikan tidur dan relaksasi dengan kamar tidur. Jika tidak, Anda mungkin mulai merasa seperti selalu bekerja, bahkan saat Anda tidak sedang menggunakan laptop.

4. Tetapkan ritual khusus untuk setiap hari

Baik membaca selama 30 menit, menonton episode serial favorit Anda, atau berkebun selama 30 menit, menentukan apa yang akan Anda lakukan di waktu istirahat, sebenarnya akan membantu Anda beristirahat. Sekali lagi, mengatur alarm dan pengatur waktu berguna untuk memastikan bahwa Anda tidak lupa waktu dan kembali bekerja.

5. Beri penghargaan pada diri Anda sendiri

Pada akhirnya, Anda perlu memahami bahwa Anda tidak bekerja dari rumah dalam keadaan normal. Ada pandemi yang melanda dunia dan selain pekerjaan dan tanggung jawab rumah tangga Anda, Anda harus memastikan keselamatan Anda sendiri (dan orang-orang yang Anda cintai). Saat kita terus terkurung di dalam rumah, ingatlah untuk menciptakan keseimbangan kehidupan kerja yang sehat tidaklah mudah. Anda akan menyelesaikan pekerjaan Anda tepat waktu, sambil memasak makanan sehat untuk diri Anda sendiri. Apa pun yang terjadi, beri diri Anda pujian karena Anda terus bekerja dalam keadaan yang belum pernah terjadi sebelumnya dan tekanan baru dari pekerjaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Puluhan Kilogram Bahan Baku Petasan Disita Polres Bantul

Bantul
| Kamis, 28 Maret 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement