Ada Cara Menyelamatkan Pernikahan Anda dari Perceraian

Ilustrasi perceraian - dwdignity.com
24 Agustus 2020 16:17 WIB Krizia Putri Kinanti Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA -- Setiap pasangan suami istri selalu berusaha agar tidak ada perceraian dalam hubungannya. Sebab, mengakhiri pernikahan bukanlah situasi yang mudah untuk dilalui.

Jika Anda juga menghadapi dilema yang mengakar ini dan ingin menyelamatkan pernikahan Anda, mulailah berusaha dan Anda pasti bisa melakukannya.

Dikutip dari Times of India oleh Bisnis.com--jaringan Harianjogja.com, Senin (24/8/2020), berikut adalah cara-cara untuk memperkuat ikatan dan mempertahankan pernikahan Anda dari perceraian :

1. Buat rencana

Sangat penting untuk merefleksikan semuanya dari awal jika Anda ingin mengambil langkah untuk menyelamatkan pernikahan Anda. Artinya, Anda perlu menuliskan bagaimana Anda memulai sebagai pasangan, apa yang membuat Anda tertarik pada pasangan, di mana Anda berdua sekarang, bagaimana Anda sejauh ini dan di mana Anda ingin berada. Pikirkan bagaimana Anda ingin menjalankan pernikahan dengan terlebih dahulu mengetahui seperti apa seharusnya pernikahan Anda.

2. Mengingat

Jika Anda membaca di suatu tempat bahwa pasangan tidak harus melengkapi, itu benar. Andalah yang harus lengkap agar tidak membebani pasangan atau hubungan. Pikirkan mengapa Anda harus bergantung pada pasangan untuk membuat Anda bahagia? Dan mulailah melakukan hal-hal yang bisa membuat bahagia.

3. Jangan berasumsi

Ketika dua orang menghabiskan banyak waktu bersama dalam sebuah pernikahan, mereka mulai berpikir bahwa mereka mengenal satu sama lain. Mereka membuat asumsi tentang motivasi dan proses berpikir orang lain dan kemudian marah atas asumsi tersebut. Berkomitmen untuk menghentikan asumsi ini dan lebih fokus pada mengkomunikasikan hal-hal agar benar-benar mengenal satu sama lain.

4. Tetapkan aturan

Setiap pernikahan pasti memiliki rasa saling menghormati dan percaya satu sama lain. Jika kedua hal ini kurang, Anda perlu lebih berupaya untuk memperkuatnya. Untuk meminimalkan kemarahan satu sama lain, buat beberapa aturan dan mulailah membuat percakapan yang membangun. Tetapkan beberapa aturan dasar seperti tidak pernah menggunakan kata-kata makian saat berkelahi atau tidak pernah bertengkar ke tempat tidur. Aturan kecil seperti ini sangat berpengaruh.

5. Manfaatkan keintiman fisik

Apakah Anda berdua kehilangan sentuhan satu sama lain belakangan ini? Keintiman fisik tidak selalu berarti berhubungan seks. Tapi usapan lembut di punggung, pelukan, kecupan di pipi akan menghasilkan keajaiban. Sentuhan ini akan membawa kesenangan dan meningkatkan ikatan romantis yang membawa kembali keintiman yang mungkin hilang.

Sumber : bisnis.com