Advertisement

Kenali Macam-Macam Gangguan Psikologis dan Tanda-Tandanya

Newswire
Rabu, 26 Agustus 2020 - 11:57 WIB
Nina Atmasari
Kenali Macam-Macam Gangguan Psikologis dan Tanda-Tandanya Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Setiap orang memiliki sisi psikologis masing-masing. Seseorang dari luar bisa saja tampak ceria dan beraktivitas seperti biasa sehari-hari. Tapi, siapa sangka jika ternyata mereka memiliki masalah dengan kondisi psikologisnya.

Bukan hanya karena tekanan hidup yang berat saja, namun gangguan kesehatan mental juga bisa disebabkan oleh faktor genetik, psikologis, dan lingkungan. Gangguan mental sulit didiagnosis.

Advertisement

Baca juga: Tak Perlu Memukul Pantat, Ini 8 Cara Lain Mendisiplinkan Anak Anda

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui apa itu gangguan psikologis, dan mengenali tanda-tanda gangguan mental, agar dapat segera ditangani saat mengalaminya.

Jenis-jenis Gangguan Psikologis

Gangguan psikologis biasanya timbul dalam berbagai bentuk. Seringkali gejala yang satu bisa mirip seperti gangguan psikologis yang lainnya.

Inilah mengapa gangguan psikologis atau gangguan kesehatan mental menjadi sulit untuk didiagnosa. Berikut ini adalah jenis-jenis gangguan kesehatan mental yang perlu diketahui:

  1. Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD), adalah gangguan yang terjadi pada kinerja otak sehingga menyebabkan pengidapnya menjadi hiperaktif, impulsive dan sulit memusatkan perhatian.
  2. Gangguan Kecemasan, menunjukkan perilaku cemas yang berlebihan, secara konstan dan sulit dikendalikan, sehingga akhirnya mengganggu kehidupan sehari-harinya.
  3. Bipolar, yaitu perubahan suasana hari secara drastis dan menyebabkan pengidapnya menunjukkan fase mania atau fase depresif secara berkala. Fase mania ditandai dengan perilaku yang ekstrim dan emosi yang meluap-luap, sementara fase depresif membuat orang tersebut merasa sedih dan lesu.
  4. Depresi, yaitu gejala yang dirasakan oleh pengidapnya berupa rasa sedih terus menerus, putus asa, dan tidak ada semangat untuk hidup.
  5. Skizofrenia, adalah gangguan yang menyebabkan pengidapnya sulit membedakan antara realita dengan pikirannya sendiri, sehingga mereka sering mengalami delusi, halusinasi, dan paranoid.

Tanda-tanda Gangguan Psikologis

Setiap pengidap gangguan psikologis biasanya menunjukkan gejala-gejala yang berbeda, tergantung pada jenis gangguannya. Namun, secara umum berikut ini adalah tanda-tanda gangguan psikologis yang perlu diperhatikan:

  • Merasa sedih, stres dan depresi yang terjadi terus menerus dalam jangka waktu yang lama.
  • Munculnya keinginan untuk mengakhiri hidup atau bunuh diri.
  • Menarik diri atau mengasingkan diri, misalnya tidak mau bergaul dengan orang lain, atau lebih sering menyendiri dan melamun.
  • Sering mendengar suara-suara atau bisikan-bisikan, padahal tidak ada suara atau bisikan apapun.
  • Paranoid atau memiliki rasa cemas secara berlebihan terhadap sesuatu yang semestinya tidak perlu dicemaskan.
  • Memiliki emosi atau perasaan yang bisa berubah-ubah. Terkadang emosi yang ditunjukkan ini ekstrem dan bisa melakukan tindakan berbahaya.
  • Pola makan dan pola tidur menjadi berubah dan biasanya tidak normal.
  • Memiliki keyakinan yang tidak rasional. Meskipun telah dibuktikan secara objektif, namun pengidapnya akan tetap meyakini kebenarannya.
  • Suka mengkonsumsi obat hanya untuk kesenangan.
  • Isi pembicaraan yang kacau atau ngelantur, yang disebabkan karena kekacauan alam berpikirnya.

Jika Anda menemukan ada orang terdekat, atau diri Anda sendiri yang menunjukkan gejala-gejala tersebut, segera periksakan diri ke dokter atau psikolog untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Itulah ulasan seputar apa itu gangguan psikologis, tanda-tanda dan jenisnya yang perlu kalian ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA Xpress Sabtu 20 April 2024, Tiket Rp50 Ribu

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 04:17 WIB

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement