Susu Kambing atau Susu Sapi, Mana yang Lebih Baik untuk Kesehatan?

Ilustrasi. - Freepik
26 Agustus 2020 13:47 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Selain dari sapi, susu juga bisa didapatkan dari kambing. Susu kambing memang tidak begitu banyak dikonsumsi seperti susu sapi. Tapi ada sejumlah manfaat susu kambing yang bagus untuk kesehatan.

Berdasarkan Health Line, susu kambing dinilai lebih baik dibanding susu sapi, terutama dalam protein dan kalsium.

Susu kambing mengandung 9 gram protein, sedangkan susu sapi hanya 8 gram. Masing-masing kalsiumnya adalah 330 gram versus 275 hingga 300 gram.

Baca juga: Tak Perlu Memukul Pantat, Ini 8 Cara Lain Mendisiplinkan Anak Anda

Sebuah penelitian menunjukkan susu kambing dapat meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap nutrisi penting dari makanan lain. Sebaliknya, susu sapi diketahui mengganggu penyerapan mineral utama seperti zat besi dan tembaga.

Alasan lain mengapa beberapa orang memilih susu kambing daripada susu sapi berkaitan dengan daya cerna.

Semua susu hewani mengandung beberapa laktosa (gula susu alami), yang beberapa orang, seiring bertambahnya usia, kehilangan kemampuan untuk mencernanya. Namun, susu kambing mengandung lebih sedikit laktosa daripada susu sapi, sekitar 12 lebih rendah per cangkirnya.

Baca juga: Hasil Studi, Aerobik untuk Lansia Bermanfaat bagi Kesehatan Otak

Oleh karenanya, orang yang intoleransi laktosa ringan mungkin menganggap produk susu kambing kurang menganggu pencernaan mereka daripada susu sapi.

Dalam hal kesehatan pencernaan, susu kambing memiliki kandungan yang mengungguli susu sapi, yaitu karbohidrat 'prebiotik' yang lebih tinggi. Ini membantu menyehatkan bakteri menguntungkan di usus.

Karbohidrat ini disebut oligosakarida, jenis karbohidrat yang sama dengan yang ada dalam ASI dan bertanggung jawab dalam 'mendukung' bakteri baik di saluran pencernaan bayi.

Sumber : Suara.com