Keguguran saat Trimester Pertama Bisa Jadi karena Kelainan Kromosom

Ilustrasi. - Freepik
27 Agustus 2020 10:07 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Kehamilan pada usia satu hingga tiga bulan atau sering kita sebut dengan trimester pertama, merupakan kondisi yang rawan bagi ibu hamil. Pada usia ini, potensi keguguran bisa terjadi sewaktu-waktu.

Trimester pertama kehamilan sendiri dibagi menjadi tiga fase, yakni fase satu di usia kurang dari enam minggu, fase dua di usia 6-10 minggu, dan di atas 10 minggu.

Penyebab keguguran sangat bergantung dengan usia kehamilan. Menurut spesialis kebidanan dan kandungan dr. Upik Anggraeni Sp.OG dalam webinar yang diadakan pada Rabu (26/8/2020), di usia kurang dari enam minggu, penyebab keguguran biasanya karena kelainan kromosom.

Kelainan kromosom disebabkan karena proses pembelahan yang terjadi tidak baik, dan kualitas sperma atau sel telur kurang baik. "Itu tidak bisa kita cegah," katanya.

Baca Juga: Kehamilan saat Pandemi Disarankan Jangan Khawatir Berlebihan

Sedangkan, saat usia kehamilan 6 sampai 10 minggu, keguguran masih bisa disebabkan oleh kelainan kromosom, tapi juga bisa akibat penyakit infeksi yang menyebabkan perdarahan atau faktor ibu hamil kelelahan.

Jika keguguran terjadi pada usia kehamilan di atas 10 minggu, menurut Upik, biasanya masalah yang terjadi ada pada ibu.

"Keguguran itu ada tiga masalah yang harus diperhatikan. Pertama masalah pada janin, kedua masalah pada ibu, dan ketiga masalah pada lingkungan janinnya," ucap dokter di klinik Bamed itu.

Baca Juga: Ibu Hamil Sebaiknya Hindari Kafein, Bisa Tingkatkan Risiko Keguguran

Ia menambahkan, faktor terbesar penyebab keguguran pada trimester pertama disebabkan kelainan kormosom, mencapai 60-70%.

"Artinya, kualitas janin memang sudah tidak baik, sehingga dia tidak bisa bertahan," pungkasnya.

Sumber : suara.com