Advertisement

Kanker Usus Besar Kini Mulai Banyak Menyerang Orang Muda, Begini Penjelasan Pakar

Newswire
Minggu, 30 Agustus 2020 - 19:37 WIB
Bhekti Suryani
Kanker Usus Besar Kini Mulai Banyak Menyerang Orang Muda, Begini Penjelasan Pakar Ilustrasi penyintas kanker - Reuters - Jim Bourg

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Penyakit kronis seperti kanker kini mulai banyak menyerang orang berusia muda.

Kanker kolorektal adalah kanker usus besar yang menjadi kanker paling mematikan ketiga di antara pria dan wanita, setelah kanker paru-paru. Studi terbaru menunjukkan bahwa penyakit ini bisa menyerang orang lebih muda di bawah 50 tahun.

Advertisement

Baru-baru ini, pelakon Black Panther, aktor Chadwick Boseman meninggal karena kanker usus besar di usia 43 tahun. Terkait hal itu, melansir dari CNN, kasus kanker kolorektal di antara orang berusia di bawah 50 tahun rupanya memang telah meningkat sejak 1990an.

"Setengah dari semua diagnosis baru terjadi pada orang di bawah usia 66 tahun," demikian yang tercantum dalam laporan American Cancer Society.

American Cancer Society merekomendasikan skrining rutin untuk kanker usus besar dan rektal sejak usia 45 tahun. Meskipun begitu, kebanyakan organisasi kesehatan lain masih merekomendasikan skrining rutin mulai usia 50 tahun.

"Kami terkejut betapa cepatnya (penurunan usia) itu terjadi," kata Rebecca Siegel, rekan penulis studi dan direktur ilmiah penelitian pengawasan di American Cancer Society di Atlanta.

Laporan tersebut mencakup data kasus kanker kolorektal dan kematian dari National Cancer Institute dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS.

Dari 2012 hingga 2016, tingkat kejadian di antara kelompok usia itu naik 2,2 persen setiap tahun dan termasuk tumor yang ditemukan di usus besar dan rektum. Padahal sebelumnya, kanker ini mayoritas diidap oleh orang dewasa berusia 50 tahun ke atas.

"Sebagian besar penurunan insiden pada orang dewasa usia lanjut adalah karena peningkatan skrining, tetapi penyebab peningkatan insiden pada kelompok usia yang lebih muda masih belum diketahui," kata Siegel pada CNN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru! KRL Jogja-Solo Sabtu 20 April 2024, Berangkat dari Stasiun Tugu dan Lempuyangan

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 00:57 WIB

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement