Lebih Cepat dan Hemat Waktu, Begini Cara Cek Tagihan PDAM Online

Foto ilustrasi. - Ist/Freepik
31 Agustus 2020 17:07 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Bagi Anda yang berlangganan air dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), sudahkah Anda mengetahui bagaimana cara cek tagihan PDAM online?

Agar dapat terus menggunakan layanan air bersih dari PDAM, maka Anda wajib membayar tagihan bulanan yang nilainya menyesuaikan pada pemakaian.

Kini, membayar dan cek tagihan PDAM tidak harus melalui loket pembayaran di kantor PDAM. Hal ini karena PDAM telah bekerja sama dengan banyak layanan agar para pelanggan dapat melakukan pembayaran lebih mudah dan cepat.

Lantas, bagaimana cara cek tagihan PDAM dan cara bayarnya? Anda bisa cek dan bayar tagihan PDAM secara online, kapan dan dari mana saja.

Cek Tagihan PDAM Online

Pembayaran PDAM melalui layanan pihak ketiga secara online merupakan cara yang paling mudah bagi para pengguna saat ini. Untuk melakukan cek tagihan PDAM dan pembayaran, pengguna hanya perlu membuka situs penyedia layanan pembayaran PDAM yang berupa situs website atau aplikasi di smartphone.

Cara ini sangat praktis, karena dapat dilakukan kapan saja, bahkan tidak perlu datang ke tempat tertentu.

Sebagai contohnya, salah satu penyedia layanan pembayaran PDAM online adalah Traveloka. Melalui website ataupun aplikasinya, Anda dapat dengan mudah melakukan cek tagihan PDAM dan melakukan pembayaran melalui fitur Tagihan & Isi Ulang.

Selanjutnya, Anda bisa memilih menu PDAM dan melanjutkan pembayaran melalui transfer bank atau melalui saldo TravelokaPay. Cukup praktis, bukan?

Tips Hemat Air PDAM

Sama seperti tagihan-tagihan lainnya, jika digunakan secara berlebihan, maka tagihan air PDAM juga bisa membengkak. Untuk menghindari hal tersebut, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghemat air PDAM:

1. Matikan keran air saat menyikat gigi dan mencuci muka. Karena membiarkan air dari keran mengalir saat menyikat gigi dan mencuci muka akan menghabiskan hingga 10 liter air per menit.

2. Menggunakan tombol flush toilet duduk sesuai dengan kebutuhan.

3. Pada umumnya, hampir 1/4 air rumah tangga digunakan saat mandi. Memotong waktu mandi sebanyak 2 menit, ternyata dapat menghasilkan penghematan air hingga 30%.

4. Coba periksa apakah ada kebocoran air. Karena tetesan air pada kloset, walaupun kecil dan sedikit, ternyata bisa menghabiskan sekitar 9.000 liter per tahun.

5. Beralih ke shower jika sebelumnya Anda menggunakan bak mandi.

6. Menggunakan wadah saat mencuci sayuran. Karena menyalakan keran untuk mencuci produk segar seperti sayuran dapat menghabiskan hingga 10L air per menit.
Dengan pemakaian air yang bijak, Anda juga berpartisipasi dalam menjaga lingkungan. Itulah, cara cek tagihan PDAM online dan tips hemat air PDAM. Semoga membantu.

Sumber : suara.com