Perlukah Melapisi Dudukan Kloset dengan Tisu Saat di Toilet Umum?

Ilustrasi. - Freepik
01 September 2020 07:17 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Saat menggunakan toilet umum, terkadang kita merasa ragu karena banyak toilet umum cenderung kurang higenis bahkan terkesan menjijikkan.

Untuk membuat toilet umum sedikit lebih baik, beberapa upaya biasanya harus dilakukan seperti misalnya, meletakkan lapisan gulungan tisu toilet tipis di bagian dudukan toilet sebagai 'perisai' dan pelindung.

Tapi ternyata itu merupakan ide yang dianggap sangat buruk dan berikut ini adalah alasannya.

Baca juga: Awas! Bau di Bagian Tubuh Bisa Jadi Tanda-tanda Penyakit

Kursi toilet diklaim telah dirancang untuk terhindar dari kuman jahat karena bentuk permukaannya yang halus hingga membuat bakteri sulit untuk menempel.

"Faktanya, bagian atas tempat duduk toilet jauh lebih bersih daripada wastafel dapur kebanyakan orang," kata Philip Tierno, seorang profesor klinis di departemen mikrobiologi dan patologi NYU Langone Medical Center.

Baca juga: Ini Format dan Durasi Ideal jika Ingin Bikin Podcast...

Dia mengatakan bahwa jenis bakteri yang ditemukan di kursi toilet biasanya akan mati relatif lebih cepat.

Di sisi lain, kertas toilet memiliki tekstur kasar dan dirancang untuk menjadi penyerap, menjadikannya bahan yang ideal bagi bakteri untuk menempel.Pada studi lain menunjukkan bahwa aktivitas flush dapat membuat bakteri bertebaran di udara.

Karena alasan itu juga, bakteri dengan mudah mendarat di gulungan kertas toilet yang biasa ditempatkan tepat di sebelah toilet. Lucunya, peneliti mengatakan bahwa pilihan terbaik untuk menghindari kontak dengan bakteri jahat adalah dengan berjongkok di atas toilet dan memastikan Anda selalu mencuci tangan.

"Tidak peduli seberapa terkontaminasi tangan Anda, selama Anda mencucinya dengan benar, selama 20 detik, dengan sabun, sampai ke dasar kuku, Anda baik-baik saja," kata Tierno. Kalau begitu, kenapa tidak pakai toilet jongkok saja ya?