Advertisement

Benarkah Puntung Rokok Jadi Media Penularan Covid-19?

Hafit Yudi Suprobo
Rabu, 02 September 2020 - 06:17 WIB
Nina Atmasari
Benarkah Puntung Rokok Jadi Media Penularan Covid-19? Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-- Puntung rokok dinilai mampu menjadi media penyebaran Covid-19. Oleh karena itu, masyarakat diimbau untuk berhati-hati saat membuang puntung rokok setelah habis merokok.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Walikota Jogja Heroe Poerwadi. Heroe menilai puntung rokok dapat menjadi sarana penyebaran Covid-19. Apalagi, jika puntung rokok tersebut dibuang secara sembarangan.

Baca juga: Pemkot Jogja Akui Corona Banyak Menular di Tempat Kerja & Lingkungan Keluarga

Advertisement

"Masyarakat agar berhati-hati saat membuang puntung rokok. Kalau merokok itu kan puntungnya ditempel di mulut, lalu gak sadar asal membuang puntungnya. Ini harus mulai kita waspadai, kalau membuang puntung rokok ke tempat sampah atau dibakar," ujar Heroe, Selasa (1/9/2020).

Perokok juga diimbau oleh Heroe agar lebih berhati-hati lagi. Pasalnya, tangan yang tidak bersih dari kuman mampu menjadi alat penularan virus ketika merokok.

Baca juga: Sah! Pemerintah Turunkan Tarif Listrik, Ini Besarannya

"Selain itu, saat mengambil rokok dari bungkusnya jika tangan kotor ditakutkan dapat menularkan virus melalui puntung rokok," sambung Heroe.

Dikonfirmasi secara terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Jogja Emma Rahmi Ariyani mengatakan jika memang belum ada penelitian yang menyatakan jika puntung rokok mampu menjadi media penularan Covid-19. Pihaknya juga belum menemukan kasus Covid-19 yang berasal dari media puntung rokok.

"Saat ini kami belum menemukan kasus penularan Covid-19 melalui puntung rokok di Kota Jogja. Sampai saat ini belum ada yang meneliti, tetapi memang memungkinkan bisa terjadi penularan lewat itu (puntung rokok)" katanya.

Emma Rahmi Ariyani juga menegaskan jika kebiasaan merokok mampu memperbesar kemungkinan seseorang yang terkena Covid-19 berujung kepada kematian jika dibandingkan mereka yang tidak mempunyai kebiasaan merokok.

"Sebaiknya puntung rokok dibuang di tempat sampah, jangan dibuang sembarangan. Hal ini sekaligus untuk menerapkan protokol pencegahan penularan Covid-19," sambung Emma.

Emma juga mengajak warga kota Jogja agar selalu memperhatikan kebersihan diri. Pasalnya, kebersihan diri adalah salah satu langkah agar individu tidak mudah tertular Covid-19.

"Kalau pak wawali kemarin mengatakan itu bisa saja memang (penularan Covid-19 lewat puntung rokok) .Tetapi, tidak hanya satu faktor saja yang menjadikan penyebaran Covid-19. Karena tangan kotor lalu menyentuh puntung rokoknya lalu menempel di mulut bisa saja terjadi penularan," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Stok dan Jadwal Donor Darah di Jogja Hari Ini, Jumat 19 April 2024

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

2 Pesawat Penerbangan Sipil Ini Langsung Putar Haluan Hindari Serangan Israel ke Iran

News
| Jum'at, 19 April 2024, 12:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement