Wajib Tahu, Ini Tanda-Tanda Kehilangan Massa Otot saat Diet

Olahraga di rumah - istimewa
02 September 2020 15:07 WIB Desyinta Nuraini Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Seseorang terkadang terpaksa melakukan usaha berat agar berat badannya bisa ideal. beberapa cara diet dilakoni. Mulai dari merubah pola makan yang ketat hingga memaksakan diri untuk berolahraga secara teratur.

Tujuan saat mencoba menurunkan berat badan adalah meningkatkan massa otot dan mengurangi lemak tubuh. Tetapi dalam beberapa kasus, justru massa otot yang berkurang, bukan lemak. Kehilangan massa otot tentunya dapat mempengaruhi kekuatan dan daya tahan serta menyebabkan penurunan kinerja fungsional.

Kehilangan massa otot bisa terjadi ketika seseorang yang mencoba menurunkan berat badan namun tidak makan cukup protein, terlalu banyak berlatih, tidak tidur nyenyak atau tidak memberikan waktu untuk pulih. Berikut 5 tanda kehilangan massa otot saat dalam program penurunan berat badan :

1. Otot terasa lebih berat

Memang ketika berolahraga tubuh akan merasa letih. Tetapi ketika melewatkannya beberapa kali kemudian mencobanya kembali, tak sedikit orang yang merasa lebih berat saat menjalaninya.

Merasa kurang kuat saat berolahraga. Tidak mampu melakukan jumlah repetisi yang sama atau tidak mampu mengangkat beban yang sama bisa menjadi tanda bahwa Anda kehilangan massa otot.

2. Merasa lesu sepanjang hari

Tidak makan dengan benar dan kehilangan massa otot dapat menyebabkan gangguan fungsi tubuh. Ini terjadi karena kekurangan energi dan terkadang overtraining. Dalam beberapa kasus, jika seseorang mengalami penurunan berat badan seiring dengan penurunan kinerja mereka, overtraining mungkin menjadi alasan di baliknya.

3. Persentase lemak tubuh sama

Jika angka pada timbangan berubah tetapi persentase lemak tubuh tidak bergerak, itu pertanda bahwa Anda sedang kehilangan massa otot. Juga, ketika Anda kehilangan massa otot, tubuh tidak berbentuk seperti yang Anda inginkan. Anda akan melihat lingkar menyusut tetapi lemak masih tetap sama.

4. Berat badan turun terlalu cepat

Meskipun Anda mungkin sangat senang melihat angka-angka pada timbangan bergerak begitu cepat, itu mungkin tidak baik untuk massa otot Anda. Menurunkan berat badan dengan cepat juga tidak berkelanjutan.

Penurunan berat badan itu seperti lari maraton dan bukan lari sprint. Penurunan berat badan bukanlah langkah mudah, karena butuh banyak waktu dan upaya untuk melihat hasil yang terlihat dan berkelanjutan.

5. Tidak mengalami kemajuan dalam olahraga

Jika Anda tidak dapat mengangkat beban lebih banyak daripada yang Anda lakukan saat memulai, atau jika Anda tidak dapat melakukan lebih banyak repetisi daripada saat memulai, itu adalah tanda bahwa Anda kehilangan massa otot.

Sumber : bisnis.com