Mau Angkut Sepeda saat Naik Kereta? Begini Cara Pesan Bagasinya...

Sejumlah penumpang dengan mengenakan masker di dalam gerbong kereta api luar biasa relasi Gambir-Surabaya Pasar Turi lintas selatan di Stasiun Gambir, Jakarta. - Antara
02 September 2020 19:07 WIB Anitana Widya Puspa Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Saat ini, Anda tidak perlu lagi pusing-pusing untuk membawa sepeda saat menaiki kereta api. Sebab PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI telah menyediakan pemesanan bagasi bagi pengguna kereta yang hendak membawa sepedanya ketika bepergian menggunakan KA melalui dua metode pemesanan langsung dan tak langsung.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan untuk pemesanan tidak langsung adalah pemesanan dilakukan oleh penumpang dengan pembelian tiket secara terpisah tidak dalam satu tahap.Hal ini dilakukan ketika pembelian tiket melalui kanal lain KAI Access yang ditambahkan ke aplikasi KAI Access. Ataupun pembelian kereta api di KAI Access tetapi pemesanan bagasi dilakukan setelah penumpang membayar tiket.

“Apabila penumpang membeli tiket selain di KAI Access, maka pilih tambahkan tiket pada halaman Beranda. Kemudian masukkan kode booking yang dimiliki,” jelasnya, Rabu (2/9/2020).

Setelah menemukan tiket, maka dapat memilih menambahkan tiket. Selanjutnya pilih tiket yang sudah ditambahkan ke KAI Access. Pada halaman detail tiket, pilih tambahan untuk perjalanan anda dan pilih layanan.

Setelah muncul halaman layanan, maka dapat dipilih bagasi sepeda. Kemudian pada halaman tambah bagasi dengan menyentang penumpang yang akan menggunakan fasilitas bagasi sepeda.

Jika sudah maka pilih tambah bagasi. Penumpang yang memiliki bagasi sepeda akan muncul logo sepeda di setiap nama penumpangnya.

Sementara itu Joni juga mengingatkan ketika penumpang mengubah jadwal, maka bagasi sepeda tidak akan otomatis mengikuti perubahan jadwal kereta yang baru, sehingga penumpang harus memesan lagi bagasi sepedanya.

Adapun langkahnya adalah pada laman KAI Access penumpang dapat memilih tiket yang diubah jadwalnya pada halaman tiket. Selanjutnya pada halaman detail tiket bagian kolom kelola pemesanan juga dipilih ubah jadwal.

Penumpang menentukan nama penumpang yang diubah jadwalnya hingga memilih jadwal kereta terbaru yang diinginkan.

Setelah pilih tambah akan masuk ke halaman bagasi sepeda dengan mencentang daftar penumpang yang akan menggunakan sepeda. Jika sudah dipilih maka dapat memilih simpan bagasi.

Jika bagasi sepeda masih tersedia dan berhasil ditambahkan maka akan muncul notifikasi sukses tambah bagasi sepeda. Pada kolom bagasi sepeda akan muncul jumlah sepeda yang ditambahkan.

Sumber : Bisnis.com