Advertisement

Mudah, Begini Cara Merawat Kulit Tanpa Harus ke Klinik Kecantikan

Newswire
Kamis, 03 September 2020 - 03:17 WIB
Nina Atmasari
Mudah, Begini Cara Merawat Kulit Tanpa Harus ke Klinik Kecantikan Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA- Bagi perempuan terutama, merawat kulit wajah sangat penting dilakukan. Bahkan, sebagian harus mengunjungi klinik kecantikan untuk melakukan perawatan.

Namun, Merawat kulit tak harus selalu pergi ke klinik kecantikan atau menggunakan produk skincare atau produk perawatan wajah yang harganya sampai jutaan. Pada dasarnya, kulit sehat bisa didapat dengan menerapkan pola hidup sehat.

Advertisement

Tetapi bagaimana caranya? Dokter kulit sekaligus pendiri klinik AAYNA Dr Simal Soin membagikan cara sederhana untuk lakukan perawatan sendiri di rumah, sebagaimana dilansir Suara.com dari Times of India berikut ini.

1. Perhatikan pola makan

Kurangi konsumsi makanan cepat saji. Gunakan bahan-bahan di dapur yang bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh seperti kunyit, jahe, bawang putih, dan lada hitam. Dengan makan makanan yang bergizi seimbang, kulit juga akan mencerminkan kondisi sehat.

2. Minum banyak air

Untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dan terlihat segar, minumlah setidaknya 8 sampai 10 gelas air yang akan membantu membuang racun.

3. Lindungi kulit dari cahaya layar

Menatap layar ponsel, laptop, atau televisi tidak hanya memengaruhi kondisi mata tetapi juga kulit. Lindungi kulit dari sinar biru barang elektronik dengan mengoleskan tabir surya, meskipun hanya berada di dalam ruangan. Cara itu bisa melindungi kulit dari pori-pori terbuka, penuaan dini, dan penumpukan minyak.

4. Cukup tidur

Jangan sepelekan siklus tidur. Tidur lebih awal dan bangun lebih cepat. Juga usahakan tidur setidaknya delapan jam setiap malam. Ini akan membantu mencegah timbulnya lingkaran hitam pada kelopak mata bawah, mata bengkak, dan penuaan dini pada kulit.

5. Rutin scrub

Lakukan eksfoliasi wajah dengan scrub buatan atau yang dibeli di toko setidaknya sekali seminggu untuk menghilangkan kulit mati dan bakteri. Jangan lupa untuk mencuci muka sebelum tidur di malam hari. Penting untuk membersihkan wajah setidaknya dua kali sehari untuk membersihkan kotoran dari kulit dan membantu peremajaan terutama di malam hari.

6. Jaga kelembapan kulit

Meskipun penting untuk mencuci tangan secara teratur tetapi itu bisa mengeringkan kulit. Masalah yang muncul selanjutnya biasanya kulit menjadi pecah-pecah. Karena itu, lembapkan kulit wajah dan tangan setiap kali mencucinya untuk mempertahankan kekenyalan kulit.

7. Konsumsi vitamin C dan Antioksidan

Serum adalah salah satu produk perawatan kulit terpenting yang dapat digunakan. Vitamin C topikal mencegah kerusakan akibat radikal bebas sekaligus mencerahkan kulit. Sedangkan antioksidan dengan kebaikan vitamin dan mineral sangat membantu dalam melindungi dan merevitalisasi kulit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru KRL Jogja Solo dan KRL Solo Jogja Hari Ini, Jumat 29 Maret 2024

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 02:37 WIB

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement