Tips Mengiris Bawang Merah Tanpa Nangis

Ilustrasi. - Freepik
03 September 2020 05:27 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA- Saat mengiris bawang merah, kita biasanya akan mengalami perih di mata. Selain itu, mengiris bawang juga dapat membuat kita menangis sesenggukkan. Kenapa hal itu bisa terjadi?

Ternyata bawang memiliki enzim yang jika bersentuhan dengan udara, dapat berubah menjadi bahan kimia yang mengiritasi mata. Saat masuk ke sistem saraf pusat di otak, otak akan meresponnya dengan sensasi terbakar, dan kornea yang terhubung dengan saraf akan mengeluarkan air mata sebagai respon.

Tapi tenang, ada solusi agar kita tidak perlu menangis bombay saat memotong bawang, seperti trik yang dijabarkan oleg The Daily Meal, Rabu (2/9/2020) berikut ini!

1. Gunakan air
Masukkan bawang merah atau bawang bombay yang sudah terkupas ke dalam wadah rata berisi air. Setelahnya iris bawang dalam posisi yang terendam air. Pastikan memegang pisau dan bawang dengan benar, maka bawang tidak akan membuat mata perih karena bahan kimia di bawang tidak akan terbang di udara.

2. Potong bawang dekat api yang menyala
Belum diketahui mengapa cara ini dianggap paling jitu. Dugaan kuat karena saat api penyala ia akan menyerap oksigen, sehingga asap bawang akan terbawa api. Jadi coba letakkan talenan di dekat api kompor gas yeng menyala.

3. Simpan bawang di lemari es
Setelah disimpan selama 30 menit hingga 24 jam, suhu dingin bisa memperlambat proses kimiawi yang mengubah enzim menjadi gas. Jika ingin mengiris bawang simpan lebih dulu bawang 30 menit di kulkas, baru mengirisnya. Tapi ingat, jangan simpan terlalu lama bawang di kulkas, Bawang termasuk sayuran yang tidak boleh didinginkan terlalu lama.

4. Bekukan jika perlu
Jika mata Anda sangat sensitif dan berpikir dinginnya kulkas tidak cukup melindungi, maka coba bekukan bawang di freezer. Ini karena suhu yang sangat dingin akan memperlambat proses kimiawi.

5. Gunakan pisau yang tajam
Ini juga trik sains, semakin tajam pisau maka semakin cepat memotongnya dan semakin sedikit juga sel bawang yang terkoyak yang akan membuat mata pedih.

6. Iris bawang dekat ventilasi atau kipas angin
Mencegah air mata keluar, berarti juga mengurangi gas penyebab air mata. Maka meletakkan talenan dekat dengan kipas angin atau ventilasi yang akan membuat gas yang keluar dari bawang terbawa udara.

7. Gunakan jus lemon
Jika benar-benar sudah tidak tahan, maka cobalah jus lemon yang terkenal punya banyak kegunaan termasuk meredam bahan kimia yang menyebar dari bawang. Caranya, iris sepotong lemon di pisau untuk memotong bawang, biarkan cairan lemon melumuri pisau, yang akan meredam bahan kimia pada bawang saat diiris.

Sumber : Suara.com