Kenali Penyebab Albino pada Manusia

Albino terjadi karena perubahan gen. - albinism.ohchr.org
04 September 2020 13:07 WIB Novita Sari Simamora Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Kelahiran anak kembar albino di Wonogiri menghebohkan publik belum lama ini.

Perbedaan warna kulit albino dari kulit orang Indonesia pada umumnya, menjadikan albino menjadi unik. Albino disebut juga albinisme yang disebabkan oleh kekurangan atau ketiadaan melanin di dalam tubuh.

Mengutip dari Alodokter dilansir Bisnis.com--jaringan Harianjogja.com, penderita albinisme bisa dikenali dari warna rambut dan kulitnya yang terlihat putih atau pucat. Di Indonesia, orang berkulit albino sering disebut bule.

Baca Juga: BTS Meriahkan Promosi Wisata ke Korea

Melanin adalah pigmen yang dihasilkan tubuh untuk menentukan warna kulit, rambut, dan iris (selaput pelangi) mata. Melanin juga berperan dalam perkembangan saraf optik yang memengaruhi fungsi penglihatan.

Kekurangan melanin dapat menyebabkan kelainan warna rambut, kulit, dan iris mata, serta mengganggu penglihatan.

Albino tergolong jarang terjadi. Berdasarkan penelitian, albinisme terjadi pada 1 dari 20.000 kelahiran. Di Indonesia, albinisme lebih dikenal dengan sebutan albino.

Baca Juga: Sebaiknya Hindari Pasang Pemanas Air Jika Kandungan Air di Rumah Tinggi Zat Besi

Adapun penyebab albino karena  perubahan atau mutasi pada gen yang berpengaruh dalam produksi melanin. Melanin adalah pigmen yang dihasilkan oleh sel melanosit yang terdapat di mata, kulit, dan rambut.

Mutasi pada gen-gen tersebut menyebabkan produksi melanin berkurang drastis atau bahkan tidak diproduksi sama sekali. Hal inilah yang menyebabkan munculnya gejala albinisme.

Sumber : bisnis.com