Advertisement

Penelitian: Hanya Menghirup Aroma Kopi, Kemampuan Analisis Bisa Meningkat

Newswire
Selasa, 08 September 2020 - 08:27 WIB
Bhekti Suryani
Penelitian: Hanya Menghirup Aroma Kopi, Kemampuan Analisis Bisa Meningkat Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Aroma kopi bisa meningkatkan kemampuan analisis, demikian menurut studi terbaru.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Stevens Institute of Technology di Amerika Serikat menyimpulkan bahwa seseorang yang gemar mencium aroma kopi, memiliki kemampuan tugas analisis yang lebih baik.

Advertisement

Dalam penelirian tersebut dikatakan menghirup aroma kopi yang tidak mengandung kafein, memiliki efek yang mirip dengan meminum kopi.

"Ini bukan hanya tentang menghirup aroma seperti kopi yang dapat membantu orang melakukan tugas lebih baik, tetapi juga adanya pikiran bahwa mereka akan melakukan tugas lebih baik, dan ini menunjukkan adanya harapan yang bertanggung jawab atas kinerja mereka yang meningkat," kata rekan penulis penelitian, Adriana Madzharov dari Stevens Institute of Technology.

Untuk mendapatkan kesimpulan tersebut, tim peneliti mencoba melihat hasil tes aljabar GMAT dari sekitar 100 mahasiswa bisnis.

Para peserta dibagi dalam dua kelompok. Satu kelompok menjalani tes sambil menghirup aroma seperti kopi, sementara kelompok kontrol lainnya menjalani tes yang sama tetapi di ruangan yang tidak diberi wewangian apapun.

Para peneliti menemukan bahwa kelompok di ruangan berbau kopi mencetak nilai atau skor lebih tinggi secara signifikan pada tes.

Tim kemudian merancang survei lanjutan dan dilakukan pada lebih dari 200 peserta baru. Mereka bertanya mengenai hubungan antara menggirup aroma dan efek yang mereka rasakan.

Para peserta percaya bahwa mereka akan merasa lebih waspada dan energik saat menghirup aroma kopi, dibandingkan aroma bunga atau tak mencium aroma apapun.

Penelitian sebelumnya juga menunjukkan bahwa kopi dapat mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes dan demensia. Penelitian tentang manfaat aroma kopi sendiri dipublikasikan dalam Journal of Environmental Psychology.

Bagaimana, berniat untuk menjadikan kopi sebagai aroma favoritmu?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Mudik Lebaran, Gunungkidul Bakal Dijejali 154.000 Kendaraan

Gunungkidul
| Kamis, 28 Maret 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement