Kecemasan Bisa Jadi Tanda Tekanan Darah Tinggi, Ini Penjelasan Ahli

Foto ilustrasi. - Ist/Freepik
13 September 2020 19:27 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Kecemasan dan tekanan darah tinggi memiliki keterkaitan. Jika seseorang mengalami kecemasan, bisa saja itu tanda tekanan darah tinggi. Menurut Medical News Today, kecemasan dan tekanan darah tinggi terkadang bisa saling berkaitan.

"Kecemasan bisa menyebabkan tekanan darah tinggi dan tekanan darah tinggi bisa memicu perasaan cemas. Para dokter menggambarkan kecemasan sebagai perasaan khawatir atau takut yang intens," jelasnya dikutip dari Express.

Baca juga: Selain Menyehatkan Badan, 4 Olahraga Ini Ampuh Melawan Stres

Hal itulah yang menyebabkan banyak gejala fisik, termasuk peningkatan detak jantung dan pernapasan dangkal. Periode kecemasan juga bisa meningkatkan tekanan darah.

Sebab, kecemasan menyebabkan pelepasan hormon stres dalam tubuh. Hormon tersebut memicu peningkatan detak jantung dan penyempitan pembuluh darah.

Kedua perubahan ini menyebabkan tekanan darah meningkat, terkadang terjadi secara dramatis.

Baca juga: Antisipasi Zoombombing, Ini Cara Agar Rapat Zoom Berjalan Aman

Peningkatan tekanan darah yang dipicu oleh kecemasan bersifat sementara dan akan mereda begitu kecemasan berkurang.

Namun, memiliki tingkat kecemasan yang tinggi secara teratur bisa menyebabkan kerusakan pada jantung dan pembuluh darah, seperti hipertensi jangka panjang.

Dalam sebuah penelitian di National Library of Medicine National Institutes of Health AS, hubungan antara kecemasan dan hipertensi telah dianalisis lebih lanjut.

Studi epidemiologi telah berulang kali menyelidiki hubungan antara kecemasan dan hipertensi. Hasilnya, menunjukkan bahwa ada hubungan antara kecemasan dan peningkatan risiko hipertensi.

Sumber : Suara.com