Demi Kesehatan Kulit, Begini Tips Memilih Sabun Mandi yang Tepat

Ilustrasi. - Freepik
21 September 2020 15:27 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Pemilihan sabun mandi dapat berpengaruh pada kesehatan kulit kita masing-masing. 

Bagi banyak orang, menggunakan sabun mandi merek sembarang mungkin bukan masalah besar. Tapi tidak bagi mereka yang memiliki masalah kulit sensitif. Salah-salah, sabun yang dipakai justru bisa menimbulkan atau bahkan memperparah kondisi kulit.

Dikutip Suara.com dari Hellosehat, kita bisa memulai memilih sabun yang tepat, terutama bagi si pemilik kulit sensitif dengan menentukan preferensi jenis sabun baik itu sabun batang atau sabun cair, sabun yang wangi, atau sabun antibakteri.

Tapi dari itu semua, hal yang lebih penting adalah memilih produk berdasarkan jenis kulit terutama jika kulit Anda cenderung sensitif, kering, atau justru terlalu berminyak.

Baca Juga: 2 Virus yang Dibawa Nyamuk Ini Dapat Memicu Stroke

Kulit yang sensitif sangat mudah teriritasi, terutama dengan produk-produk kecantikan yang banyak mengandung bahan kimia. Untuk membersihkan sekaligus merawat kulit sensitif, gunakan sabun mandi yang kandungannya alami dan menenangkan kulit.

Carilah sabun yang komposisinya mengandung lidah buaya, cocoa butter, vitamin E, atau chamomile. Bahan-bahan alami tersebut diketahui dapat memberikan efek menenangkan bagi kulit.

Untuk mencegah timbulnya iritasi, sebaiknya Anda yang berkulit sensitif menggunakan sabun dengan sedikit atau tanpa pewangi.

Pastikan juga sabun yang Anda pilih memiliki kandungan tingkat pH yang seimbang. Hindari sabun yang mengandung bahan antibakteri, pewangi, dan deodoran. Sabun untuk kulit sensitif yang baik akan membuat kulit terlihat lebih halus, indah, dan sehat. Lalu, pilih yang seperti apa?

1. Sabun batang
Kandungan sodium hidroksida di dalam sabun batang berguna untuk membersihkan tubuh dari kotoran. Meski begitu, kandungan bahan aktif ini bersifat mengeringkan kulit.

Jika Anda lebih memilih sabun batang, pastikan sabun pilih yang tidak mengandung alkali tinggi yang dapat menyebabkan iritasi dan kulit kering. Sebaliknya, gunakan sabun batang yang mengandung banyak emolien untuk menjaga kelembapan kulit.

Baca Juga: Jika Gebetan Anda Seorang Pecinta Alam, Ini 9 Hal yang Harus Diketahui

2. Sabun cair
Selain membersihkan kotoran, sabun cair biasanya mengandung pelembap seperti petrolatum yang berguna untuk menjaga kulit tetap lembut. Sabun cair dengan label moisturizing (melembapkan) adalah pilihan yang paling baik untuk mereka yang berkulit kering dan sensitif, karena selain mengandung petrolatum juga mengandung minyak pelembap alami.

3. Shower Gel
Sama seperti sabun cair, shower gel juga berbentuk cair. Bedanya, tekstur shower gel lebih kental dan biasanya mengandung lebih banyak pewangi. Kandungan pewangi sebisa mungkin harus dihindari oleh pemilik kulit sensitif jika tidak mau iritasi kulit semakin meradang. Jenis sabun ini lebih cocok untuk mereka yang memiliki kulit berminyak.

Jika Anda masih menemukan masalah setelah memilih sabun untuk kulit sensitif, cobalah temui spesialis perawatan kulit untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Sumber : suara.com