LADI: Imbangi Gerakan Memakai Masker, Mencuci Tangan, dan Menjaga Jarak dengan Olah Raga

Ingat Pesan Ibu, Jangan Lupa Pakai Masker. - Harian Jogja/Dok
03 Oktober 2020 12:07 WIB Bernadheta Dian Saraswati Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA – Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung saat ini mengharuskan setiap orang untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Memakai masker, menjaga jarak, dan memakai masker atau gerakan 3M, harus dilakukan dimanapun dan kapanpun.

Dokter Arie Sutopo SpKO selaku Wakil Ketua Lembaga Anti Doping Indonesia (LADI) mengatakan bahwa untuk penggunaan masker, masyarakat perlu menggunakan masker bedah, N95, atau masker kain yang berlapis. “Jangan pakai masker yang bahannya bagus tapi bisa tembus,” tuturnya dalam Dialog Satgas Covid-19 bertema ”Beraktivitas dan Berkreasi Selama Pandemi” yang ditayangkan di channel YouTube BNPB Indonesia, Sabtu (3/10/2020)..

Kendati penting, menurutnya gerakan 3M masih harus diimbangi dengan olahraga untuk tetap menjaga ketahanan tubuh untuk terhindar dari serangan virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19. “Olahraga bisa dilakukan di dalam ataupun di luar rumah,” lanjut dia.

Olahraga di dalam rumah bisa dilakukan dengan treadmill dan berenang. Sementara olahraga di luar rumah seperti jogging, bersepeda, dan juga lari. Namun olahraga di luar rumah juga harus tetap mematuhi protokol kesehatan.

Gerakan 3M yang disertai dengan olahraga rutin menurutnya bisa meningkatkan daya tahan tubuh. “Sel darah putih atau leukosit kita naik sehingga saat Covid-19 datang bisa langsung diserang. Minim, kita harus tetap bergerak meski bekerja dari rumah,” tambahnya.

Sementara itu, penyanyi Maulana Ardiansyah yang juga hadir sebagai pembicara dalam dialog tersebut mengungkapkan, kegiatannya manggung sebagai seorang penyanyi seketika berhenti selama Covid-19. Namun ia mengaku harus tetap mengasah jiwa seninya.

“Selama pandemi di studio saja tapi tetap produktif. tetap mengcover dan menciptakan lagu,” tutur Maulana. Setidaknya selama lebih dari enam bulan pandemi ini, ia mampu merilis enam single lagu.

Ia menyarankan bagi para seniman agar tetap bersemangat mencari inspirasi dan membangkitkan apa yang dimiliki untuk menghasilkan karya. Menurutnya, pandemi akan berakhir jika setiap orang mengikuti protokol kesehatan. “Please! Kalau ke luar rumah jangan lupa pakai masker,” pintanya.