Ingin Anak Gembira di Masa Pandemi? Ini Kiat dari Kak Seto

Ketua Umum Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Seto Mulyadi di Jakarta, Rabu (12/3) - Istimewa
04 Oktober 2020 17:27 WIB Annisa Sulistyo Rini Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, ikut terdampak pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia sekitar tujuh bulan ini. 

Salah satunya adalah waktu bertemu teman dan bermain anak yang berkurang karena harus tetap di rumah agar tidak tertular Covid-19. Padahal, biasanya anak-anak bergembira dengan bertemu kawan di sekolah atau bermain bersama.

Lalu, bagaimana supaya anak tetap gembira ketika harus banyak tinggal di rumah?

Seto Mulyadi, Ketua Umum Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI), membagikan kiat bagi para orang tua agar anak tetap gembira di masa pandemi. Menurutnya, orang tua harus berani melakukan perubahan karena kondisi saat ini juga berubah.

Kak Seto, panggilan akrabnya, menjelaskan jika selama ini orang tua biasanya memposisikan diri sebagai bos atau komandan yang selalu memberikan perintah ke anak, maka harus disesuaikan agar anak tidak tertekan dan tidak betah di rumah.

"Orang tua harus memposisikan diri sebagai sahabat atau teman bagi anak-anak, apalagi anak-anak biasanya gembira bertemu teman-teman di sekolah, tiba-tiba sekarang harus di rumah," ujarnya dalam diskusi daring melalui akun Youtube BNPB Indonesia, Minggu (4/10/2020).

Orang tua juga harus bisa menjadi teman yang dapat mengerti perasaan sang anak, termasuk yang berusia remaja.

"Jadi, bersahabat, berteman, berdiskusi dan apa-apa dibicarakan bersama, sehingga anak merasa nyaman di rumah. Ini kunci utamanya," jelas Kak Seto.

Sementara itu, Dewi Alfian, salah satu orang tua yang memiliki anak usia remaja, menyebutkan selama masa pandemi, dia membebaskan anaknya untuk melakukan kegiatan apapun yang disenangi, asal positif dan sesuai dengan bakat.

"Selama pandemi anak-anak sempat merasa bosan karena tidak bisa ke mana-mana, saya bebaskan anak untuk melakukan kegiatan apapun asalkan positif dan sesuai bakatnya," kata Dewi.

#ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Sumber : bisnis.com