Advertisement

Begini Cara Memproteksi Diri dari Penularan Covid-19 saat Musim Hujan

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 04 Oktober 2020 - 17:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Begini Cara Memproteksi Diri dari Penularan Covid-19 saat Musim Hujan Sel virus corona

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA -  Kekhawatiran penyebaran Covid-19 makin meluas memasuki musim dingin dan hujan di akhir tahun.

Seperti halnya virus influenza, masyarakat juga khawatir cuaca dingin bisa memperparah penyebaran virus yang satu ini. Apalagi, obat dan vaksin yang efektifpun belum ditemukan. Berikut beberapa kekhawatiran yang 

Advertisement

Sebelumnya, diyakini bahwa cuaca panas akan menghentikan penyebaran pandemi, namun, ternyata tidak benar. Ketika pandemi terus menyebar dengan kecepatan yang tak henti-hentinya, para ahli sangat khawatir bahwa tingkat infeksi Covid-19 dapat meningkat tajam di bulan-bulan musim dingin.

Dilansir dari Bisnis.com--jaringan Harianjogja.com, hal ini, karena infeksi saluran pernapasan memiliki kecenderungan untuk menunjukkan peningkatan selama bulan-bulan musim dingin.

Dengan kemungkinan baru adanya vaksin covid-19 pada musim semi 2021, para ahli khawatir bahwa ada kemungkinan orang juga tertular influenza dan Covid-19, yang makin memperparah kondisi kesehatan seseorang.

Dengan sistem perawatan medis yang sudah kewalahan, mempersiapkan diri untuk musim dingin dan musim hujan yang akan datang menjadi semakin penting.

Mengapa penyakit pernapasan menjadi lebih mematikan di bulan-bulan yang lebih dingin?

Karena sifat virus yang melekat, mereka bertahan lebih lama di udara kering dan iklim dingin. Selain itu, kelembapan juga merupakan kondisi yang menguntungkan untuk penyebaran penyakit karena mengarah pada pembentukan aerosol.

Salah satu faktor lain yang mungkin penting untuk penyebaran penyakit pernapasan adalah paparan sinar matahari yang rendah yang mengurangi kadar vitamin D dalam tubuh, yang selanjutnya melemahkan sistem kekebalan.

Bagaimana kita mempersiapkan diri untuk menghindarinya saat musim hujan dan musim dingin ini?

Untuk mencegah cuaca dingin dan kelembapan mempercepat penyebaran COVID-19, sangat penting untuk memperkuat sistem imunitas tubuh dan melakukan suntikan vaksin flu untuk mempersiapkan diri Anda menghadapi musim dingin, jika Anda belum melakukannya.

Yang terpenting, jangan keluar rumah tanpa mengenakan penutup wajah atau masker wajah, termasuk jika Anda akan berada di ruang tertutup dengan ventilasi yang buruk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dukung Kelestarian Lingkungan, Pemda DIY Mulai Terapkan Program PBJ Berkelanjutan

Jogja
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Petinggi Freeport Temui Jokowi, Ini yang Dibahas

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 18:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement