5 Cara Menyenangkan Membujuk Anak Agar Mau Pakai Masker

Ingat Pesan Ibu, Jangan Lupa Pakai Masker. - Antara
05 Oktober 2020 14:27 WIB JIBI Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA-- Di masa Pandemi Covid-19, semua orang diwajibkan memakai masker saat keluar rumah. Hal ini termasuk anak-anak. Namun, mengajak anak memakai masker terkadang menjadi hal yang tidak mudah.

Beberapa orang tua mengeluhkan jika susah membujuk anaknya untuk memakai masker. Dokter spesialis kesehatan RS Santa Clara, Madiun, Jawa Timur, dr Rony Tamba mengatakan pemakaian masker kepada anak susah-susah gampang.

Baca juga: Dianggap Terlalu Umbar Paha Anak Gadisnya, Nia Ramadhani Diprotes

Meskipun begitu, dengan membujuk anak secara menyenangkan ini, pastinya lebih mudah mengajari si kecil pakai masker.

"Anak-anak kadang menolak dan kadang tidak betah [pakai masker]. Kadang kala tangannya latah. Nah, ini kita harus mengajarkan memakai masker tanpa harus anak tolak terus menerus. Padahal masker bagi anak itu penting, tapi di bawah tiga tahun itu rumit. Tetapi kalau kita ajarkan terus menerus pasti bisa," ujar Rony dalam video berjudul Ayo, Ajak dan Ajari Anak Memakai Masker di kanal Youtube Anak Sehat dan Berkualitas, Kamis (16/4/2020).

Perlu orang tua ingat, pemakaian masker kepada anak-anak juga perlu pengawasan. Takutnya, si kecil justru memegang masker dan wajahnya yang bisa saja terdapat virus pada area tersebut.

Baca juga: Hasil Studi, Menulis Tangan Bikin Lebih Mudah Menghapal

"Anak itu jika mengalami atau memakai suatu hal yang baru tentunya tak segampang yang kita kira. Kebanyakan anak akan menolak. Anak itu kan latah, sehingga dia seringkali malah pegang masker dan wajahnya. Hal yang kontradiktif bagi kesehatan anak tersebut," tambah dia.

5 Tips Mengajak Anak Pakai Masker

Oleh karena itu, perlu cara khusus nan menyenangkan agar anak mau pakai masker. Berikut ini selengkapnya

1. Penjelasan

Cara pertama untuk mengajari anak pakai masker adalah dengan penjelasan. Sebagai orang tua, Anda harus mempunyai waktu untuk mengobrol tentang Covid-19 dengan si kecil.

Bicarakan tentang apa yang terjadi saat ini. Gunakanlah bahasa sehari-hari mereka, misalnya "Sekarang ini lagi banyak virus Dik yang bisa bikin batuk, uhuk-uhuk'.

2. Berikan Contoh

Sebagai orang tua juga harus memberikan contoh kepada si kecil. Sebelum anak pakai masker, pastikan Anda juga mengenakan masker.

Kalau bisa, ajak anak untuk bercermin agar mengetahui penampilannya saat memakai masker.

3. Masker Karakter

Anda bisa mencoba mencari masker kain yang menjadi corak favorit anak. Hal ini tentunya akan menambah semangat si kecil dalam memakai masker.

4. Kreasi Masker

Kalau Anda mempunyai banyak waktu luang, buatlah masker sendiri sesuai dengan keinginan anak.

5. Biasakan Pakai Masker dalam Rumah

Cara terakhir mengajari anak pakai masker adalah membiasakan si kecil untuk menggunakan masker dalam rumah.

Hal ini bertujuan agar anak mulai terbiasa dengan penggunaan masker sehingga tidak gampang bosan dan mencopot masker.

Sumber : Solopos.com