Advertisement

Selalu Pakai Masker, Jangan Lupa Merawat Jenggot

Krizia Putri Kinanti
Senin, 05 Oktober 2020 - 22:37 WIB
Maya Herawati
Selalu Pakai Masker, Jangan Lupa Merawat Jenggot Pria berjenggot - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Mengenakan masker di tengah pandemi Covid-19 menjadi keharusan tak terkecuali bagi Anda yang berjenggot. Agar tak menimbulkan iritasi, Anda harus rajin merawat area wajah dan jenggot.

Dikutip dari News18, Senin (5/10/2020), Pria lebih rentan mengalami masalah kulit saat memakai masker karena adanya jenggot. Selain itu, masker bisa menimbulkan lebih banyak masalah. Lapisan rambut di bawah masker bisa menjadi sangat berantakan dan menyebabkan masalah kulit. Selain itu, masker tidak pas karena jenggot dan meninggalkan ruang bagi kuman untuk keluar dan masuk ke hidung dan mulut Anda.

Advertisement

Jadi, pertahankan panjang rambut jenggot sependek mungkin untuk menghindari virus masuk ke tubuh Anda. Lalita Arya, Vice President Dermapuritys membagikan beberapa tip untuk melindungi jenggot dari topeng:

1. Jika Anda memiliki jenggot yang lebat atau panjang, pastikan Anda mengeringkan jenggot dengan benar, karena kelembapan yang disebabkan masker dapat membuat kulit gatal dan bahkan menyebabkan jenggot berketombe. Selalu cuci setelah pemakaian masker karena dapat menyebabkan jerawat & ruam kulit.

 2. Jangan lupa untuk membersihkan jenggot Anda dan oleskan losion SPF yang baik sebelum memakai masker. Hindari memakai minyak apapun sebelum memakai masker selama cuaca panas dan lembab ini karena dapat membuat dokter hewan berminyak dan tidak nyaman.

3. Inilah saatnya Anda harus meninggalkan kebiasaan mengusap janggut karena bisa saja menyebarkan kuman dan virus ke dekat mulut Anda dengan membiarkannya menetap di jenggot. Menyisir jenggot Anda juga penting untuk membuatnya tidak terikat & tidak membuat Anda tidak nyaman.

Masker Katun

4. Gunakan masker katun bernapas agar nyaman pergi. Seseorang harus memilih masker sekali pakai dan kemudian membuangnya dengan benar setelah digunakan karena ringan untuk ditangani oleh jenggot. Biarkan jenggot Anda bernapas untuk menghindari iritasi.

5. Jika Anda memutuskan untuk bercukur, kulit Anda akan membutuhkan perhatian ekstra, yaitu membersihkan dan melembabkan wajah Anda sebelum memakai masker dan serta menyegarkan kulit setelah melepas masker. Jika Anda memiliki alergi atau infeksi kulit yang sudah ada sebelumnya, Anda harus menggunakan pembersih ringan untuk menjaga jenggot Anda tetap lembab dan bersih.

6. Jangan lupa untuk membersihkan masker setiap kali Anda memakainya. Saat ini masker wajah telah menjadi hal baru yang biasa. Kita tidak bisa keluar dari rumah kita tanpa memakai topeng. Sudah menjadi tanggung jawab kami sebelumnya untuk menjaga jenggot tetap terlindungi. Padahal mencukur jenggot masih merupakan pilihan terbaik untuk menjaga diri Anda tetap aman saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru! KRL Jogja-Solo Sabtu 20 April 2024, Berangkat dari Stasiun Tugu dan Lempuyangan

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 00:57 WIB

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement