Panduan Lengkap WHO Agar Lansia Tetap Sehat di Era Pandemi Corona

Ilustrasi - Futuretimeline.net
06 Oktober 2020 11:57 WIB Feni Freycinetia Fitriani Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Virus Corona (Covid-19) mengancam semua orang. Sejumlah kalangan menjadi kaum rentan, di antaranya lanjut usia atau lansia. Selain daya tahan tubuh yang berkurang, banyak kaum lansia yang memiliki penyakit bawaan atau komorbid sehingga meningkatkan risiko meninggal dunia akibat Covid-19.

Untuk mengurangi potensi tersebut, Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengeluarkan panduan gaya hidup bagi lansia agar tetap sehat di era pandemi virus Corona.

Baca juga: Keliling Museum Wajib Pakai Masker, kalau Bandel Tak Boleh Masuk

Dikutip dari situs who.int/Indonesia, ada beberapa saran dan panduan yang dapat diikuti oleh orang berusia lanjut guna memperkuat sistem kekebalan tubuh agar terhindar dari virus Corona.

Pertama, WHO mengingatkan agar kaum lansia tetap menjalankan sedikit aktivitas dibandingkan hanya berdiam diri di rumah. Kalangan lansia bisa memulai dengan aktivitas ringan yang nantinya ditingkatkan secara bertahap.

"Berusaha untuk tidak duduk terlalu lama. Anda dapat berdiri dan bergerak sepanjang hari, misalnya melakukan tugas-tugas rumah," tulis WHO seperti dikutip dalam situs resmi, Senin (5/10/2020).

Baca juga: Pesepeda Meninggal Dunia di Jalan Godean karena Kelelahan

Kedua, WHO menyarankan agar orang lanjut usia untuk memanfaatkan berat tubuh yang dimiliki dan benda-benda sekitar untuk melakukan olah raga ringan.

Orang tua, lanjut WHO, juga bisa mengikuti olah raga secara virtual atau online melalui aplikasi. WHO tidak menyarankan olah raga secara langsung atau menghindari kerumunan karena tidak sesuai dengan anjuran jaga jarak (social distancing). 

"Silakan atur sesi olah raga virtual bersama teman-teman atau keluarga Anda," imbuh WHO.

Ketiga, atur jadwal aktivitas harian yang memungkinkan agar orang tua bisa beraktivitas fisik setidaknya 30 menit setiap hari.

Aktivitas fisik yang dimaksud, misalnya berjalan kaki, bersepeda santai, atau mengikuti olah raga berdampak ringan ke tubuh (low impact).

Terakhir, WHO meminta agar penyedia pelayanan kesehatan dapat membantu kaum lansia untuk memberi rekomendasi kegiatan yang dapat dilakukan sehari-hari.

"Anda bisa tanya ke petugas pelayanan kesehatan untuk mengetahui aktivitas yang cocok dengan kondisi fisik saat ini. Olah raga yang rutin dapat membentuk ketahanan, kelenturan, dan kesehatan tubuh di saat pandemi," tulis WHO.

Sumber : Bisnis.com