Advertisement

Pakai Masker Belum Tentu Aman dari Virus Covid-19, Ini yang Perlu Diperhatikan

Newswire
Sabtu, 10 Oktober 2020 - 22:37 WIB
Nina Atmasari
 Pakai Masker Belum Tentu Aman dari Virus Covid-19, Ini yang Perlu Diperhatikan Ingat Pesan Ibu, Jangan Lupa Pakai Masker. - Harian Jogja/Dok

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA- Kasus positif Virus Covid-19 di Tanah Air masih terus bertambah setiap harinya. Padahal, hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut 90 persen masyarakat Indonesia sudah disiplin pakai masker di tengah pandemi ini.

Menurut Ketua Satgas Covid-19, Doni Monardo, hal itu dikarenakan masih banyak juga yang mengabaikan protokol kesehatan lainnya, seperti tidak menghindari kerumunan saat makan di rumah, hingga penggunaan masker yang kurang tepat.

Advertisement

“Data kami peroleh juga 90 persen responden di Wisma Atlet itu pengguna masker. Tapi setelah didalami, rata-rata mereka terpapar saat melakukan makan (di rumah),” ujar Doni dalam keterangannya secara virtual dari kantor Graha BNPB Jakarta, Jumat (9/10/2020).

Baca juga: Pemerintah Gandeng PHRI Siapkan 120 Hotel untuk Isolasi Mandiri Pasien OTG

Menurutnya, hal itu karena jarak saat makan tidak diatur, dan tidak ada yang mengingatkan bahwa harusnya waktu makan diatur tidak boleh bersamaan. Jaraknya pun harus dibuat sedemikian rupa agar tidak terlalu dekat.

“Data yang kami peroleh, 7 persen pasien yang diwawancarai di Wisma Atlet pada bulan lalu, masih banyak kelompok masyarakat yang keluarganya kadang tidak berada di dalam rumah, sehingga mereka yang berada di rumah ikut terpapar Covid-19,” jelasnya.

Tak hanya itu, meski masyarakat Indonesia telah disiplin memakai masker di tengah pandemi, tapi masih banyak yang memakai masker kurang tepat, karena seharusnya penggunaan masker dilakukan sepanjang waktu saat berada di rumah.

Baca juga: Kasus Positif Covid-19 DIY Tambah 69 Orang, Total Tembus 3.000 Orang

“Penggunaan masker di rumah juga harus dilakukan kalau ada anggota keluarga yang sering keluar rumah, yang di rumah harus tetap memakai masker, baik medis dan nonmedis. Jadi harus tiap saat, nggak boleh berhenti,” kata Doni.

Dirinya juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak panik dalam menghadapi pandemi Covid-19. Karena kepanikan akan membuat imunitas seseorang menurun, sehingga berisiko tertular virus corona.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Puluhan Kilogram Bahan Baku Petasan Disita Polres Bantul

Bantul
| Kamis, 28 Maret 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement