Advertisement

Kuliner Lezat di Solo, Kamu Wajib Coba!

Newswire
Senin, 12 Oktober 2020 - 14:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Kuliner Lezat di Solo, Kamu Wajib Coba! Kraton Kasunanan Surakarta. - Wikipedia

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO - Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki kuliner yang khas, salah satunya Solo. 

Solo memang telah lama dikenal sebagai surganya makanan lezat dengan harga terjangkau. Berbagai makanan dan minuman maupun jajanan khas dapat dijumpai dengan mudah di Kota Solo.

Advertisement

Apa saja rekomendasi kuliner khas Solo yang wajib dicicipi? Dengan sajian cita rasa yang khas dan eksotis, berikut Okezone--jaringan Harianjogja.com, rangkumkan beberapa di antaranya:

Nasi liwet

Nasi Liwet merupakan makanan khas Solo yang paling terkenal. Beras yang dimasak dengan kaldu ayam yang membuat nasi terasa gurih dan beraroma lezat.

Nasi tersebut dicampur dengan sayur labu siam yang dimasak sedikit pedas, telur pindang rebus, daging ayam yang disuwir, kumut (terbuat dari kuah santan yang dikentalkan). Disajikan dengan memakai daun pisang yang dipincuk.

Gudeg ceker

Selama ini gudeg identik dengan daging ayam, tempe, tahu, dan telur bacem, hingga krecek. Siapa sangka ceker ayam juga bisa diolah menjadi sajian gudeg yang tidak kalah lezatnya.

Di Solo, ada Gudeg Ceker Bu Kusno yang sudah populer, di kalangan pencinta kuliner lokal. Ceker direbus dengan bumbu santan sehingga terasa lunak dan lezat. Paduan menu ini akan semakin lezat ketika disiram dengan kuah sambal goreng krecek.

Nah, bagi Anda yang tertarik mencicipi Gudeg Ceker Bu Kusno harus menunggu hingga pukul dua dini hari. Karena pada jam inilah, kedai baru mulai beroperasi.

Sate buntel

Kalau Bali punya sate lilit dan Purwakarta punya sate maranggi, Solo juga punya olahan sate yang tidak kalah lezat yakni, sate buntel. Sate ini terbuat dari daging kambing yang dicincang, lalu diberi bumbu bawang dan merica kemudian dibuntel (dibungkus dengan lemak kambing).

Untuk menikmati sate buntel, Anda bisa menyantapnya dengan sambal kecap yang terbuat dari campuran kecap manis, irisan cabai rawit, bawang merah, irisan kol dan tomat. Dijamin bikin lidah bergoyang!

Sate kere

Mau mencicipi hidangan unik lainnya? Jangan lupa mampir ke Warung Yu Rebi untuk menikmati sajian sate kere yang sangat populer. Sate kere termasuk kuliner yang sangat unik karena terbuat dari tempe gembus, atau dibuat dari ampas kedelai sisa pembuatan tahu.

Sebelum dibakar, bahan makanan ini direndam dalam bumbu khas. Sedangkan bumbu untuk menyantapnya adalah bumbu kacang. Perpaduan ini menghasilkan sensasi rasa yang lebih ringan.

Bakmi toprak

Meskipun nama makanan khas Solo ini mirip dengan ketoprak Jakarta, tetapi menunya sangat berbeda. Tidak seperti ketoprak Jakarta yang memakai sambal kacang, toprak Solo justru berkuah bening. Hidangan ini terdiri dari mi kuning, irisan kol, tahu goreng, telur, tempe goreng, dan sosis.

Bahan-bahan tersebut kemudian disiram dengan kuah kaldu dan irisan tetelan daging sapi serta taburan bawang goreng dan seledri. Sebagai pelengkap, toprak Solo bisa ditambah karak. Anda bisa menyambangi Warung Mi Toprak Yu Nani di Kartopuran untuk menikmati hidangan ini.

Pecel ndeso

Meski namanya bernuansa tradisional, pecel ndeso sebetulnya memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Bagaimana tidak, hidangan terbuat dari beras merah yang dicampur sayur berisi dedaunan dan tanaman mulai dari jantung pisang, daun kenikir, perai cina, bunga turi dan kacang panjang dengan sambal wijen putih atau hitam.

Pecel ndeso biasanya disantap bersama belut goreng, wader pari goreng, telur ceplok, sosis solo, bongko (kacang merah dan kelapa), gembrot (kelapa dan daun simbukan), otak dan iso goreng. Warung Tempo Doeloe menjadi salah satu tempat yang menyuguhkan pecel ndeso. Lokasinya di Jalan Dr. Supomo 55.

Berita ini sudah tayang di Okezone dengan judul "Liburan ke Solo? Wajib Cicipi 6 Kuliner Tradisional Ini".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru KRL Jogja Solo dan KRL Solo Jogja Hari Ini, Jumat 29 Maret 2024

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 02:37 WIB

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement