Antre di Tempat Umum, Apakah Bisa Terinfeksi Covid-19?

Gerai Hero Supermarket - JIBI
13 Oktober 2020 08:17 WIB Krizia Putri Kinanti Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA -- Di masa pandemi Covid-19, banyak orang menghindari keramaian salah satunya ketika berbelanja di supermarket. Namun, ketika seseorang memilih waktu kosong berbelanja, ia bisa jadi akan mendapati kenyataan harus berdiri di antrean pembayaran yang sangat panjang. Dan kemudian seseorang di dekatnya batuk.

Meskipun Anda mengenakan masker dan berdiri sejauh 6 kaki dari orang di depan Anda, Anda pasti bertanya-tanya apakah Anda bisa tertular Covid-19 saat berdiri dalam antrean seperti ini. Seperti banyak hal terkait Covid-19, pertanyaan sebenarnya bukanlah apakah mungkin tertular virus dengan cara ini, tetapi apakah kemungkinannya. Dan jawabannya adalah: mungkin tidak.

Baca juga: 62 Karyawan Terinfeksi Corona, Kadinkes Sleman: Perusahaan Idealnya Ditutup Sementara

Meskipun ilmu pengetahuan tentang bagaimana tepatnya SARS-CoV-2 menyebar terus berkembang, kita tahu salah satu cara virus dapat menyebar adalah melalui 'kontak dekat' (jarak lebih dekat dari 6 kaki) selama periode waktu yang berkelanjutan (15 menit atau lebih).

Antrean di supermarket kemungkinan besar tidak membuat Anda berhubungan dekat dengan seseorang selama lebih dari 15 menit, itulah sebabnya banyak ahli menganggap belanja bahan makanan sebagai aktivitas berisiko rendah.

Baca juga: 100 Juta Vaksin Bakal Dipasok AstraZeneca untuk Indonesia

Tentu saja, ini mengasumsikan bahwa setiap orang mengenakan masker dengan benar dan berjarak 6 kaki.Jika Anda khawatir tertular virus saat sedang mengantre, Anda dapat melakukan tindakan pencegahan ekstra, seperti:

1. Pertahankan social distancing lebih dari 6 kaki; pergi sejauh 10 kaki, jika itu membuat Anda merasa lebih nyaman Jangan berlama-lama dan mengobrol dengan kasir (ini adalah situasi utama yang dapat membuat Anda berhubungan dekat dan bertatap muka dengan orang lain saat berbelanja)

2. Jika Anda harus berbicara dengan seseorang, jauhkan kepala Anda agar Anda tidak langsung menghirup napas saat dia berbicara Tertular Covid-19 saat mengantre di dalam toko mungkin sangat kecil kemungkinannya, tetapi Anda harus melakukan semua tindakan pencegahan yang biasa untuk menghindari kemungkinan tersebut.

Sumber : Bisnis.com