Sakit Gigi? Begini Cara Mengobatinya di Rumah

Bawang putih - boldsky.com
13 Oktober 2020 09:37 WIB Novita Sari Simamora Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Pernah sakit gigi? Bagi sebagian orang, kondisi ini sangat mengganggu, apalagi bagi para pekerja. 

Namun sakit gigi juga bisa mengganggu aktivitas harian selama di rumah saja. Ada juga muncul kekhawatiran untuk ke dokter gigi selama di rumah saja.

Mengutip Bisnis.com--jaringan Harianjogja.com dari Times of India, Selasa (13/10/2020), sakit gigi tidak selalu datang dengan tanda-tanda. Namun, Anda bisa mencoba beberapa pengobatan yang efektif:

1. Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam adalah pengobatan pertama untuk sakit gigi. Air asin adalah disinfektan alami. Ini dapat membantu melonggarkan partikel makanan dan kotoran yang mungkin tersangkut di sela-sela gigi Anda. Berkumur dengan air garam juga dapat membantu mengurangi peradangan dan menyembuhkan luka mulut.

Campurkan 1/2 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat dan gunakan sebagai obat kumur.

2. Berkumur dengan hidrogen peroksida

Berkumur dengan hidrogen peroksida yang diencerkan dengan air juga dapat meredakan nyeri dan peradangan akibat sakit gigi. Ini juga membunuh bakteri, mengurangi plak dan menyembuhkan gusi berdarah.

Jangan lupa untuk mengencerkan hidrogen peroksida. Tambahkan 3 persen hidrogen peroksida dengan bagian air yang sama dan gunakan sebagai obat kumur. Ingat, jangan menelannya.

3. Kantong teh peppermint

Peppermint membantu menghilangkan rasa sakit dan menenangkan gusi sensitif. Ambil kantong teh bekas dan biarkan dingin. Letakkan kantong teh ini ke area yang sakit. Anda bisa menggunakan kantong teh saat masih hangat.

Anda juga dapat menggunakan pendekatan sebaliknya dan membekukan kantong teh selama beberapa menit dan kemudian mengoleskannya ke gigi yang sakit.

4. Bawang putih

Bawang putih telah digunakan sebagai pengobatan rumahan selama ribuan tahun untuk berbagai masalah. Bawang putih dapat membunuh bakteri berbahaya yang menyebabkan timbulnya plak gigi dan sekaligus bertindak sebagai pereda nyeri.

Hancurkan satu siung bawang putih dan buat pasta. Terapkan ke area yang terkena. Anda juga bisa menambahkan garam ke dalam pasta bawang putih atau mengunyah bawang putih.

Sumber : Bisnis.com