15 Oktober Peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia, Ini Sejarahnya...

Ilustrasi. - Freepik
15 Oktober 2020 13:37 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Tanggal 15 Oktober 2020, masyarakat dunia sedang memperingati Hari Cuci Tangan Sedunia atau Global Handwashing Day.

Peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia ini merupakan momentum yang tepat di tengah pandemi Covid-19 yang menimpa seluruh dunia saat ini.

Hari Cuci Tangan Sedunia pada awalnya didedikasikan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang pentingnya mencuci tangan dengan sabun. Upaya ini merupakan cara yang efektif dan terjangkau untuk mencegah penyakit dan menyelamatkan nyawa manusia.

Dilansir dari Suara.com--jaringan Harianjogja.com, berikut ini sejarah cuci tangan sedunia selengkapnya.

Hari cuci tangan sedunia awalnya dicetuskan oleh Global Handwashing Partnership yang dulunya bernama Global Public Private Partnership for Handwashing (PPPHW).

Global Handwashing Partnership sendiri merupakan koalisi stakeholders internasional yang bekerja secara eksplisit untuk mempromosikan cuci tangan dengan sabun. Global Handwashing Partnership memiliki kepercayaan bahwa kebersihan merupakan pilar dari pembangunan dan kesehatan masyarakat internasional.

Di tahun 2008, Global Handwashing Partnership kemudian menetapkan tanggal 15 Oktober sebagai Hari Cuci Tangan Sedunia. Penetapan ini dilakukan melalui Annual World Water Week yang berlangsung pada 17 – 23 Agustus 2008 di Stockholm, Swedia.

Saat itu, Global Handwashing Partnership melibatkan 120 juta anak di seluruh dunia untuk berpartisipasi dengan mencuci tangan menggunakan sabun. Setelahnya, Hari Cuci Tangan Sedunia semakin berkembang dan mendapat dukungan dari berbagai pihak, termasuk pemerintah, lembaga sosial, sekolah, hingga lembaga kesehatan internasional.

Di tengah pandemi Covid-19, Global Handwashing Partnership mengajak masyarakat internasional untuk merefleksikan pandemi ini sebagai pengingat bahwa salah satu cara paling efektif dan sederhana untuk menghentikan penyebaran virus adalah dengan menjaga kebersihan tangan.

Oleh karenanya, mencuci tangan dengan sabun perlu menjadi prioritas di masa kritis sekarang ini demi keberlangsungan hidup masyarakat internasional di masa depan.

Hari Cuci Tangan Sedunia 2020 mengangkat tema “Hand Hygiene for All”. Lewat tema ini, masyarakat di seluruh dunia diajak untuk semakin meningkatkan kebersihan tangan dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan air untuk mencapai kebersihan dan kesehatan yang bersifat universal.

Demikian sejarah Hari Cuci Tangan Sedunia. Mari bersama membangun komunitas yang selalu menjaga kebersihan demi keberlangsungan hidup di masa depan. Selamat Hari Cuci Tangan Sedunia!

Sumber : suara.com