Advertisement

Selain Melezatkan Masakan, Ini Sederet Khasiat Bawang Merah

Newswire
Jum'at, 16 Oktober 2020 - 09:47 WIB
Nina Atmasari
Selain Melezatkan Masakan, Ini Sederet Khasiat Bawang Merah Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Kebanyakan orang mengetahui bawang merah sebagai bumbu dapur yang digunakan untuk melengkapi bumbu masakan atau dibuat acar agar makan terasa lebih nikmat.

Namun, ternyata Bawang merah memiliki beragam manfaat yang baik untuk tubuh. Bawang merah mengandung banyak manfaat baik yang perlu Anda ketahui. Berikut ini beberapa manfaat bawang merah, dilansir Boldsky.

Advertisement

Meningkatkan produksi ASI

Makan bawang merah mentah memiliki efek yang nyata dalam meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui. Cobalah untuk menggunakan bawang merah tersebut untuk makan salad atau sandwich. Selain mendapatkan asupan serat, Anda juga bisa mendapat antioksidan dari bawang merah yang baik.

Meningkatkan kesehatan jantung

Bawang merah efektif dalam menurunkan kolesterol dan trigliserida. Senyawa belerang dalam bawang ini bertindak sebagai pengencer darah alami, sehingga mampu mencegah agregasi trombosit. Quercetin mencegah pengerasan arteri dan penumpukan plak, yang mampu mengurangi risiko serangan jantung.

Mengatasi masalah pernapasan

Tindakan anti-inflamasi dalam bawang merah mampu menenangkan otot-otot saluran napas, mengurangi asma dan bronkitis. Keuntungan lainnya ialah efektif mencegah batuk, pilek, flu, bersin-bersin dan hidung meler. Makanlah bawang merah jika terasa tidak nyaman ketika mengalami serangan flu agar kondisi kesehatan Anda tetap stabil.

Mengurangi risiko penyakit lambung

Tindakan antimikroba dari bawang merah membuatnya berguna dalam mengobati penyakit yang dibawa makanan, yang disebabkan oleh infeksi mikroba. Fitokimia hadir dalam bawang merah mengurangi risiko tukak lambung. Anda harus melakukan kebiasaan baik makan bawang merah, jika ingin terlepas dari masalah lambung.

Obat sembelit

Bawang merah mengandung serat larut, yang mendorong pertumbuhan bakteri yang baik di usus Anda. Makan satu bawang mentah sehari akan menghindari sembelit. Ini adalah salah satu manfaat kesehatan terbaik dari makan bawang mentah setiap hari.

Mengobati tuberkulosis

Bawang merah juga memiliki sifat antiseptik serta antimikroba. Fungsinya dapat menonaktifkan mycobacterium yang menyebabkan tuberkulosis, serta mengerahkan efek anti-tubercular. Jika ingin merasakan manfaatnya, makan bawang merah mentah dengan garam setiap hari.

Mengatur tekanan darah

Bawang merah rendah kalori, rendah sodium dan tidak mengandung lemak. Ini meningkatkan elastisitas pembuluh darah, yang nantinya efektif dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Bagi penderita hipertensi disarankan untuk makan bawang merah yang baik untuk melawan penyakit serius.

Untuk detoksifikasi

Mengonsumsi bawang merah membantu mendetoksifikasi tubuh Anda dari racun berbahaya. Ini akan memurnikan darah dan melancarkannya. Anda bisa mengonsumsi bawang merah secara rutin, yang nantinya tubuh mampu melawan radikal bebas dengan sendirinya.

Mengontrol gula darah

Bawang merah juga menunjukkan sifat memodifikasi gula darah yang signifikan. Selain membatasi asupan gula Anda, makan bawang mentah dapat membawa kadar gula darah Anda di jalur yang benar. Cobalah mulai sekarang!

Mengobati anemia

Kandungan zat besi yang tinggi dalam bawang membuatnya berguna dalam mengobati anemia. Makan bawang berukuran sedang sehari akan bermanfaat. Ibu hamil wajib makan bawang merah supaya terhindar dari ancaman anemia.

Berita ini sudah tayang di Okezone dengan judul Khasiat Bawang Merah, Tingkatkan Produksi ASI hingga Obati Anemia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jalan Rusak di Sleman Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Pasang Spanduk Obyek Wisata Jeglongan Sewu

Sleman
| Sabtu, 20 April 2024, 18:57 WIB

Advertisement

alt

AS Disebut-sebut Bakal Memberikan Paket Senjata ke Israel Senilai Rp16 Triliun

News
| Sabtu, 20 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement