Advertisement

5 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Newswire
Selasa, 20 Oktober 2020 - 04:47 WIB
Nina Atmasari
5 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-- Bawang putih dikenal sebagai bumbu yang bermanfaat menguatkan rasa gurih pada masakan. Namun, rupanya bawang putih juga dikenal memliliki banyak khasiat untuk kesehatan.

Mulai dari membantu sistem peredaran darah dan pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah, hingga melawan penyakit jantung, menurut Healing Foods, berbagai kebaikan untuk tubuh dapat ditemukan dalam kandungan bawang putih.

Advertisement

Mengonsumsi bahan makanan ini saat perut kosong pun ternyata akan membuat Anda mendapatkan beberapa manfaat berikut, seperti dilansir Food NDTV:

1. Antibiotik alami yang kuat

Bawang putih mentah adalah salah satu antibiotik alami yang paling efektif. Kekuatannya meningkat secara signifikan jika bawang putih dikonsumsi mentah, saat perut kosong.

Bawang putih mengandung banyak senyawa belerang antibiotik dan antijamur termasuk allicin, allin dan ajeone. Komponen antibiotik dan minyak atsiri membantu mengobati pilek dan batuk.

2. Profil lipid yang lebih kuat

"Mengonsumsi bawang putih mentah di pagi hari saat perut kosong mungkin sangat bermanfaat untuk profil pilid Anda. Ini pengencer darah alami, yang membantu menstabilkan tekanan darah tinggi dan kolesterol level," kata Ahli Gizi Makrobiotik dan Praktisi Kesehatan Shilpa Arora ND.

"Studi juga telah mengungkapkan bagaimana senyawa sulfur yang ditemukan dalam bawang putih membantu menghancurkan sel tumor. Bawang putih adalah antibiotik kuat yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit paru-paru dan memperkuat usus untuk penyerapan nutrisi yang lebih baik dari makanan," sambungnya.

3. Manfaat pencernaan dan penurun berat badan

Makan bawang putih mentah di pagi hari merangsang pencernaan, nafsu makan serta mengatasi masalah perut, seperti diare.

Pencernaan yang lebih lancar juga membantu menurunkan berat badan secara efektif.

4. Detoks

Senyawa sulfhydryl dalam bawang putih membantu menghilangkan zat beracun dari tubuh. Oleh karena itu, jika Anda makan malam yang berat, ada baiknya untuk mengonsumsi bawang putih pada hari berikutnya.

5. Mengatur tekanan darah

Bawang putih mengandung senyawa yang mengandung sulfur, yaitu allicin, diallyl disulfide, diallyl trisulfide. Semua ini dapat membantu mengatur tingkat tekanan darah Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Pemadaman Jaringan Listrik di Kota Jogja Hari Ini, Cek Lokasi Terdampak di Sini

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 06:27 WIB

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement