Dr Aqua Dwipayana: Komunikasi & Silaturahmi Kunci Raih Kinerja Optimal

Aqua Dwipayana - Istimewa
22 Oktober 2020 17:07 WIB Media Digital Lifestyle Share :

Harianjogja.com, SEMARANG—Komunikasi dan silaturahmi menjadi kunci untuk meraih kinerja secara optimal. Sementara, kebahagiaan menjadi milik mereka yang bersyukur.

Hal tersebut disampaikan pakar komunikasi dan motivator nasional Aqua Dwipayana saat menjadi pembicara tunggal di acara Sharing Komunikasi dan Motivasi via Zoom yang diselenggarakan oleh PT Pegadaian Wilayah XI Semarang, Jawa Tengah.

“PT Pegadaian itu perusahaan yang sudah punya nama. Juga memiliki produk-produk yang bagus. Tinggal bagaimana mengkomunikasikannya kepada masyarakat konsumennya. Kuncinya ialah kemampuan komunikasi dan terus merawat silaturahim,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (22/10/2020).

Aqua menjelaskan komunikasi akan efektif dan menimbulkan kesan positif bagi siapa pun mitra bicara jika memperhatikan rumusan REACH+AC. Komunikasi akan lancar dan meninggalkan kesan positif jika pelakunya menghormati (respect) orang lain, dapat merasakan apa yang dirasakan orang lain (emphaty), ucapannya dapat didengar atau dipahamai orang llain (audible) secara jelas (clarity), bersikap rendah hati (humble), dan dilakukan (action) secara ajeg atau terus menerus (consistency).

“Yang tidak kalah pentingnya ialah menjalin silaturahim yang dalam dunia profesional disebut sebagai networking. Kelemahan masyarakat pada umumnya ialah merawat silaturahim. Padahal, kuncinya adalah membangun dan merawat komunikasi dan silaturahim secara konsisten,” katanya.

Dirinya menambahkan, siapa pun yang tidak mampu beradaptasi akan tergilas oleh lingkungan yang terus berubah. Dia mengingatkan agar para pemimpin dan pegawai PT Pegadaian di semua tingkatan menjaga “akhlak” mereka, baik dalam sikap dan perilakunya. akhlak yang dia maksudkan ialah amanah, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif.

Aqua menambahkan kebahagiaan tidaklah identik menjadi milik mereka yang memiliki segalanya. Kebahagiaan hanya akan menghampiri mereka yang bersyukur atas apapun situasi dan kondisi yang dialaminya. “Oleh karena itu, hidup bahagia itu rumusnya syukur dan bekerja ikhlas.”

Sementara itu, Pemimpin Wilayah XI Semarang PT Pegadaian Mulyono mengungkapkan tema kegiatan itu sendiri adalah “Optimisme KPI Exceed Melalui Komunikasi dan Silaturahim. Topik tersebut sengaja dipilih untuk memotiasi jajarannya agar dapat mewujudkan target kinerja terbaik bagi korporasi dan para pemangku kepentingan terkait.

Motivasi semacam itu perlu diberikan, apalagi saat ini menjelang akhir 2020. “Harapannya agar pegawai bisa mencapai target jika indikator kunci kinerja atau key performance indicator (KPI) mereka hingga 104,5%,” katanya. (*)