Advertisement

Ini Cara Membatasi Anak Menggunakan Gadget di Masa Pandemi

Andhika Anggoro Wening
Sabtu, 24 Oktober 2020 - 19:47 WIB
Budi Cahyana
Ini Cara Membatasi Anak Menggunakan Gadget di Masa Pandemi Ilustrasi main gadget malam hari - shuttershock.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, waktu untuk keluarga menjadi lebih banyak karena orang tua yang bekerja dari rumah. Guna menghilangkan kejenuhan karena seringnya waktu bersama, ide-ide segar seperti memasak dan berolahraga bisa diterapkan oleh anak dan orang tua.

"Era seperti ini saatnya mendekatkan diri kepada anak dengan quality time karena banyak orang tua yang work from home. Saat ini bagaimana caranya memberikan perhatian kepada anak lebih, dengan sentuhan, kemudian ide kreatif seperti memasak, olahraga bersama pokoknya anak tidak merasa bosan," ujar psikolog anak dan keluarga, Sani Budiantini Hermawan dalam diskusi virtual bertema Covid-19 dalam Dongeng: Edukasi Pandemi Usia Dini di Graha BNPB, Jakarta, Sabtu (24/10/2020).

Advertisement

Salah satu cara agar anak tidak menjadi bosan di rumah adalah memberikan hiburan termasuk menggunakan gadget. Namun problem baru muncul yang biasanya bikin pusing Ayah dan Bunda yaitu penggunaan gadget secara berlebihan oleh sang Anak.

Menurut Sani, batas waktu ideal menggunakan gadget bagi anak yang masih duduk di sekolah dasar adalah tiga jam dalam sehari. Pasalnya, penggunaan gadget yang berlebihan bisa membawa dampak buruk ke anak.

"Saya menyarankan agar orang tua dan anak punya kesepakatan kapan boleh memegang gadget. Dalam sehari anak tidak boleh memegang gadget lebih dari tiga jam untuk usia SD yang sudah meningkat ke remaja, kalau terlalu banyak ke gadget nanti anak tidak fokus belajar, jadi tambah emosional dan tidak betah berinteraksi dua arah."

"Orang tua harus memberikan pemahaman efek negatifnya gadget kalau tidak dibatasi. Dan tiga jam itu bukan terus-terusan tapi satu jam break, satu jam break. Makanya orang tua harus berlomba membuat kegiatan menyenangkan agar anak tertarik dengan dunia luar bukan gadget."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

LKPJ Gubernur DIY 2023, DPRD Beri Catatan soal Penurunan Kemiskinan Belum Capai Target

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 13:17 WIB

Advertisement

alt

Jelang Lebaran, PLN Hadirkan 40 SPKLU Baru di Jalur Mudik untuk Kenyamanan Pengguna Mobil Listrik

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement