Advertisement

Pjs Bupati Purbalingga: Perkuat Penerapan 3M saat Libur Panjang

Newswire
Rabu, 28 Oktober 2020 - 16:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Pjs Bupati Purbalingga: Perkuat Penerapan 3M saat Libur Panjang Ingat Pesan Ibu, Jangan Lupa Pakai Masker. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, PURBALINGGA - Selama libur panjang akhir Oktober 2020 ini, Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Purbalingga Provinsi Jawa Tengah Sarwa Pramana mengimbau warga di wilayah itu untuk terus  memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

"Perkuat protokol kesehatan, perkuat penerapan 3M itu kunci penting mencegah penyebaran Covid-19," katanya di Purbalingga, Rabu (28/10/2020).

Advertisement

Dia mengatakan besar kemungkinan masyarakat akan memanfaatkan momentum libur panjang untuk bepergian, bersilaturahmi dengan keluarga dan kerabat serta berwisata.

"Pemerintah kabupaten khawatir ini akan menjadi lonjakan kasus Covid-19 di wilayah ini sehingga kami mengimbau warga untuk memperkuat protokol kesehatan," katanya.

Baca Juga: Dua Objek Wisata di Kulonprogo Deklarasikan Wisata Aman di Tengah Pandemi

Kendati demikian, pihaknya berharap masyarakat akan memanfaatkan momentum libur panjang dengan tetap di lingkungan masing-masing.

"Kami berharap masyarakat lebih memilih memanfaatkan libur panjang dengan tetap di lingkungan masing-masing sambil menyiapkan diri dan lingkungan dalam menghadapi potensi bencana saat musim hujan, namun jika tetap harus berpergian, terutama ke luar kota harus patuhi protokol kesehatan," katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga Hanung Wikantono menambahkan berdasarkan data terbaru diketahui bahwa jumlah total pasien Covid-19 di wilayah setempat sejak awal penanganan hingga saat ini berjumlah 335 orang.

"Dari 335 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut, 219 orang di antaranya telah sembuh dan diperbolehkan pulang ke rumah masing-masing, 8 orang meninggal dunia dan 108 orang lainnya masih dirawat intensif di fasilitas kesehatan yang ada di wilayah ini," katanya.

Dia kembali menegaskan bahwa meskipun tingkat kesembuhan pasien cukup tinggi namun tren kasus Covid-19 di wilayah ini juga masih mengalami kenaikan.

Baca Juga: Inovasi Baru Taman Pintar Jogja, Keliling Secara Virtual

"Kami sekali lagi menegaskan bahwa meskipun tingkat kesembuhan pasien terbilang tinggi namun penambahan kasus Covid-19 di Purbalingga masih terus terjadi sehingga masyarakat jangan mengabaikan protokol kesehatan," katanya.

Dia juga kembali mengatakan bahwa hingga saat ini Pemerintah Kabupaten Purbalingga terus berupaya menekan jumlah kasus Covid-19 di wilayah setempat.

"Kami terus berupaya menekan pertambahan kasus Covid-19 dengan menggencarkan program 3T yakni pemeriksaan [testing], pelacakan [tracing] dan pengobatan [treatment]," katanya.

Kendati demikian dia juga mengingatkan bahwa penerapan program 3T juga perlu didukung dengan penerapan 3M di tengah masyarakat, yaitu dengan memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Stok dan Aksi Donor Darah di Wilayah DIY Hari Ini, Selasa 19 Maret 2024

Jogja
| Selasa, 19 Maret 2024, 10:27 WIB

Advertisement

alt

RUU Daerah Khusus Jakarta Sah Dibawa ke Sidang Paripurna

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement