Advertisement

Tetap Pakai Masker! Ada yang Mulai Ngeyel, Bisa Bujuk dengan Kearifan Lokal

Newswire
Kamis, 29 Oktober 2020 - 16:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Tetap Pakai Masker! Ada yang Mulai Ngeyel, Bisa Bujuk dengan Kearifan Lokal Ingat Pesan Ibu, Jangan Lupa Pakai Masker. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Menggunakan masker saat masa pandemi Covid-19 menjadi sebuah kewajiban agar tak terinfeksi virus tersebut. Namun, sepertinya ada sebagian orang yang mulai ngeyel untuk tidak menggunakan masker dengan berbagai alasan.

Lalu bagaimana cara efektif untuk mengedukasinya?

Advertisement

Relawan yang juga dokter yaitu dr. Tirta Mandira mengatakan, cara yang diyakininya ampuh untuk mengedukasi masyarakat menggunakan masker di masa pandemi Covid-19 adalah melakukan pendekatan melalui kearifan lokal.

“Jadi, di sini cara paling efektif untuk [mengedukasi] pakai masker menggunakan bahasa masing-masing [daerah] dan kearifan lokal,” ujar dr Tirta dalam live streaming Satgas Covid-19 di Graha BNPB, Jakarta, Sabtu (5/9/2020).

Dia mengatakan, setiap daerah di Indonesia mempunyai problem masing-masing. Seperti halnya di Jakarta, menurutnya edukasi penggunaan masker pada masyarakat harus melalui media sosial.

Lalu, kemudian di Kabupaten Buleleng, Bali para Pecalang aktif untuk mensosialisasikan aturan penggunaan masker bagi masyarakat.

“Kaya di Surabaya ternyata problemnya sebenarnya patuh tapi isu hoaks yang mengatakan Covid-19 konspirasi itu viral. Sehingga menjadi abai, dan kita berkolaborasi dengan grasroot,” jelas dr Tirta.

Ditambahkan dr Tirta, ada juga daerah yang mengedukasi masyarakat agar menggunakan masker melalui ulama atau tokoh tertentu. “Kalau di Banjarmasin ulama, kalau di daerah Jombang juga ada ulama. Di Makassar melalui tokoh politik, Semarang memakai [tokoh] Pak Ganjar,“ tuturnya.

Berita ini sudah tayang di Okezone dengan judul "Edukasi Masyarakat soal Masker, Cara Efektif Lewat Kearifan Lokal". 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kronologi Bocah Hanyut Saat Bermain di Tepian Sungai Oyo

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Jelang Lebaran, PLN Hadirkan 40 SPKLU Baru di Jalur Mudik untuk Kenyamanan Pengguna Mobil Listrik

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement