Tetap Pakai Masker! Ada yang Mulai Ngeyel, Bisa Bujuk dengan Kearifan Lokal

Ingat Pesan Ibu, Jangan Lupa Pakai Masker. - Antara
29 Oktober 2020 16:07 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Menggunakan masker saat masa pandemi Covid-19 menjadi sebuah kewajiban agar tak terinfeksi virus tersebut. Namun, sepertinya ada sebagian orang yang mulai ngeyel untuk tidak menggunakan masker dengan berbagai alasan.

Lalu bagaimana cara efektif untuk mengedukasinya?

Relawan yang juga dokter yaitu dr. Tirta Mandira mengatakan, cara yang diyakininya ampuh untuk mengedukasi masyarakat menggunakan masker di masa pandemi Covid-19 adalah melakukan pendekatan melalui kearifan lokal.

“Jadi, di sini cara paling efektif untuk [mengedukasi] pakai masker menggunakan bahasa masing-masing [daerah] dan kearifan lokal,” ujar dr Tirta dalam live streaming Satgas Covid-19 di Graha BNPB, Jakarta, Sabtu (5/9/2020).

Dia mengatakan, setiap daerah di Indonesia mempunyai problem masing-masing. Seperti halnya di Jakarta, menurutnya edukasi penggunaan masker pada masyarakat harus melalui media sosial.

Lalu, kemudian di Kabupaten Buleleng, Bali para Pecalang aktif untuk mensosialisasikan aturan penggunaan masker bagi masyarakat.

“Kaya di Surabaya ternyata problemnya sebenarnya patuh tapi isu hoaks yang mengatakan Covid-19 konspirasi itu viral. Sehingga menjadi abai, dan kita berkolaborasi dengan grasroot,” jelas dr Tirta.

Ditambahkan dr Tirta, ada juga daerah yang mengedukasi masyarakat agar menggunakan masker melalui ulama atau tokoh tertentu. “Kalau di Banjarmasin ulama, kalau di daerah Jombang juga ada ulama. Di Makassar melalui tokoh politik, Semarang memakai [tokoh] Pak Ganjar,“ tuturnya.

Berita ini sudah tayang di Okezone dengan judul "Edukasi Masyarakat soal Masker, Cara Efektif Lewat Kearifan Lokal". 

Sumber : Okezone