Pakar: Gejala Kanker Paru Bisa Dilihat dari Kelopak Mata yang Mengendur

Paru-paru. - Reuters
30 Oktober 2020 21:57 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA--Penemuan terbaru di bidang kesehatan menyebut gejala kanker paru-paru bisa dikenali lewat kelopak mata.

Kanker paru-paru adalah salah satu jenis kanker paling serius yang harus didiagnosis, karena biasanya sulit dikenali sampai telah menyebar ke bagian tubuh lain.

Umumnya orang hanya akan mengenali gejala yang berkaitan langsung dengan paru-paru. Padahal ada gejala lain di wajah yang seringkali dilupakan.

Dilansir dari Express UK, salah satu gejala utama kanker paru-paru adalah adanya perubahan pada kelopak mata Anda.

Beberapa pasien kanker paru-paru mungkin melihat kelopak mata mereka terkulai, menurut Profesor George Santis, seorang konsultan pengobatan pernapasan di London Bridge Hospital - bagian dari HCA Healthcare UK.

Ini mungkin disebabkan oleh tumor paru-paru yang memicu gejala neurologis.

Gejala jenis ini menekan saraf di tubuh, yang dapat menyebabkan kelopak mata turun.

Jika Anda melihat kelopak mata Anda terasa sangat kendur, Anda harus mempertimbangkan untuk berbicara dengan dokter.

Gejala umum kanker paru-paru antara lain batuk yang berlangsung lebih dari tiga minggu, batuk darah, sesak napas yang memburuk, nyeri dada, penurunan berat badan, katanya.

Dalam beberapa kasus, tumor paru-paru dapat menyebabkan gejala neurologis dengan menekan saraf. Hal ini dapat menyebabkan kelopak mata turun atau berkurangnya keringat di wajah - gejala yang mengejutkan banyak orang terkait dengan kanker paru-paru.

Tetapi hanya karena kelopak mata Anda terkulai - yang juga dikenal sebagai ptosis - itu tidak berarti Anda menderita kanker paru-paru.

Ptosis dapat disebabkan oleh sejumlah kondisi, atau hanya dengan memakai lensa kontak selama beberapa tahun

Sumber : Suara.com