Advertisement

Sering Mabuk Saat di Kendaraan? Cobalah Beberapa Tips Ini untuk Mengatasinya

Newswire
Kamis, 05 November 2020 - 11:57 WIB
Nina Atmasari
Sering Mabuk Saat di Kendaraan? Cobalah Beberapa Tips Ini untuk Mengatasinya Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA- Sebagian orang mengalami mabuk perjalanan saat menaiki kendaraan. Gangguan ini sering menjadi masalah tersendiri saat liburan atau bertamasya. Mabuk kadang kali membuat perjalanan yang harusnya menyenangkan kadang malah jadi penyebab badmood.

Guncangan dari kendaraan biasa membuat Anda merasa mual dan pusing. Kondisi ini yang sering disebut sebagai mabuk perjalanan. Namun anda tidak perlu gundah, berikut sejumlah tips yang anda bisa coba agar tidak mabuk perjalanan,

1. Makan dan minum secukupnya

Kondisi perut sangat menentukan apakah Anda akan mual dan pusing saat di perjalanan. Sebelum melakukan perjalanan, Anda harus memastikan kondisi perut Anda dalam keadaan yang baik.

Sebagai langkah awal, Anda perlu makan makanan secukupnya. Jangan biarkan perut Anda kosong tetapi juga jangan makan terlalu banyak. Selain itu, Anda juga perlu minum air mineral yang cukup. Jangan sampai Anda mengalami dehidrasi karena akan meningkatkan peluang untuk mual dan pusing.

2. Sediakan makanan ringan

Saat sedang di perjalanan, mengonsumsi makanan ringan merupakan cara yang cukup ampuh untuk mencegah atau mengurangi perasaan mual. Apalagi jika Anda tidak dapat menjangkau makanan berat.

Makanan ringan dapat menjadi pilihan untuk mengganjal perut agar tidak kosong. Anda juga dapat mengonsumsi permen yang juga ampuh mengurangi rasa mual. Pilihlah jenis permen dengan rasa mint ataupun buah-buahan yang akan memberikan kesegaran.

3. Sediakan minyak angin

Menyediakan minyak angin atau produk aromaterapi lainnya merupakan sebuah keharusan saat akan melakukan perjalanan. Pasalnya, dengan mencium minyak angin atau mengaplikasikannya ke bagian tubuh dapat membantu mengurangi perasaan mual. Minyak angin juga dapat memberikan kehangatan untuk mencegah masuk angin. Apalagi jika Anda tidak terbiasa dengan AC mobil dan aroma parfum mobil.

4. Lakukan beragam aktivitas

Saat sedang dalam perjalanan, saran terbaik yang harus Anda coba adalah melakukan beragam aktivitas yang dapat membuat Anda lebih rileks. Jangan terlalu lama bermain gadget karena dapat membuat semakin pusing. Sebagai pilihan lain, Anda dapat melihat pemandangan dari jendela sambil menghirup udara segar. Anda juga dapat membaca buku, mengobrol, atau mendengarkan musik kesukaan.

5. Pilih posisi duduk

Jika Anda memang tergolong orang yang mudah mabuk saat di perjalanan, memilih posisi duduk merupakan cara jitu untuk mengurangi mual dan muntah. Pilihlah posisi duduk di area yang tidak terlalu terasa guncangan. Biasanya posisi ini ada di belakang supir. Jangan sampai Anda memilih duduk di posisi paling belakang karena guncangannya akan semakin terasa.

Jika Anda berkendara dengan kereta api, pilihlah posisi yang menghadap ke depan. Pasalnya, jika Anda memilih posisi sebaliknya, kemungkinan untuk mual dan pusing akan semakin besar.

6. Persiapkan kondisi psikologis

Saat akan melakukan perjalanan, Anda tidak hanya perlu mempersiapkan kondisi fisik melainkan juga psikologis. Kondisi rileks merupakan salah satu kunci jitu agar tidak mabuk diperjalanan.

Untuk mendapatkan kondisi rileks, Anda perlu mengatur mindset dengan meyakinkan bahwa Anda tidak akan merasa mual. Selain itu, Anda juga perlu meyakinkan diri bahwa perjalanan yang Anda lakukan akan menyenangkan.

7. Minum obat anti mual

Jika Anda sudah menerapkan cara-cara di atas dan belum mendapatkan hasil, mengonsumsi obat anti mual merupakan pilihan terakhir. Dengan mengonsumsi obat ini, Anda biasanya akan lebih cepat mengantuk dan tertidur saat di perjalanan.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Perhatian! Berikut Syarat dan Tahapan Paslon Maju Lewat Jalur Independen di Pilkada Sleman

Sleman
| Jum'at, 19 April 2024, 11:17 WIB

Advertisement

alt

Dampak Serangan Israel ke Iran, Harga Minyak Melonjak

News
| Jum'at, 19 April 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement