Tips Ini Bisa Membantu Anda untuk Memiliki Momongan

Foto Ilustrasi. - Ist/Freepik
08 November 2020 12:07 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Memiliki momongan merupakan salah satu hal yang diinginkan sebagian pasangan suami istri. Tak heran banyak pasangan yang akan melakukan berbagai cara untuk bisa memiliki momongan, termasuk berkonsultasi secara rutin dan mengikuti program hamil dengan dokter kandungan.

Selain dengan cara itu, sebenarnya ada tips sederhana yang bisa Anda coba di rumah untuk memaksimalkan usaha memiliki anak. Yuk, segera simak 11 saja cara sederhana dari The Asian parent berikut, yang bisa dilakukan untuk bisa cepat punya anak.

1. Melakukan Hubungan Seks di Pagi Hari
Pria memiliki jumlah sperma dan kadar hormon yang tinggi di pagi hari. Karena alasan inilah, berhubungan seks di pagi hari bisa meningkatkan potensi kehamilan pada perempuan. Selain itu, Anda juga sebaiknya melakukan hubungan seks di waktu yang tepat, yaitu ketika istri sedang dalam periode masa subur.

2. Mengetahui Masa Subur pada Perempuan
Melakukan hubungan seksual di periode masa subur akan meningkatkan potensi kehamilan. Karena itu, penting sekali bagi perempuan untuk mengetahui masa subur tubuhnya sendiri. Periode terbaik untuk melakukan hubungan seksual adalah dua hari sebelum masa ovulasi, karena sperma dapat hidup selama maksimum 5 hari di dalam rahim.

3. Berkonsultasi dengan Dokter Kandungan
Berkonsultasi dengan dokter kandungan adalah salah satu cara terbaik dan sederhana untuk bisa cepat punya anak. Setelah datang ke dokter kandungan, biasanya akan dilakukan pemeriksaan dan analisis terkait kesuburan dan organ reproduksi pasangan.

Untuk perempuan, siklus periode menstruasi menjadi salah satu yang akan diperhatikan oleh dokter kandungan. Biasanya, ada juga vitamin dan suplemen yang akan menunjang kesehatan organ reproduksi dan membantu untuk bisa cepat hamil. Ada juga semacam terapi yang akan direkomendasikan untuk pasangan agar bisa meningkatkan kualitas sperma dan sel telur.

4. Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi
Menjaga organ reproduksi juga menjadi salah satu cara untuk bisa meningkatkan potensi kehamilan. Pastikan Anda dan pasangan di rumah untuk selalu menjaga organ intim dengan cara-cara yang sederhana.

Untuk perempuan, pastikan untuk memakai pakaian dalam yang menyerap keringat dan memakai pembalut yang bisa menjaga kelembapan alami tubuh. Selain itu, pastikan untuk menjaga kebersihan organ intim dengan rutin mengganti celana dalam dan pembalut saat sedang menstruasi.

Laki-laki juga perlu memerhatikan kebersihan area intim, seperti membersihkan alat kelamin dengan seksama sehabis buang air kecil, saat mandi, setelah berenang, dan berkeringat.

5. Tidak Mengonsumsi Minuman Beralkohol dan Merokok
Minuman beralkohol dan kebiasaan merokok dapat mengurangi potensi kehamilan pada perempuan. Setidaknya, minuman beralkohol dapat mengurangi potensi kehamilan sebanyak 50%.

Sedangkan kebiasaan merokok dapat mengurangi potensi kehamilan sebanyak 30%. Minuman beralkohol dan rokok juga sangat berbahaya jika dikonsumsi bagi ibu hamil. Ada sejumlah risiko dan dampak buruk, seperti kelainan janin, kelahiran prematur, dan keguguran. Bahkan, perempuan atau laki-laki yang menjadi perokok pasif juga memiliki risiko tertentu yang berbahaya bagi tubuh.

6. Memiliki Pola Makan yang Baik dan Bergizi Seimbang
Pola makan tentu berpengaruh terhadap kesehatan tubuh, termasuk fertilitas. Beberapa makanan yang kaya lemak trans terbukti bisa menurunkan kesuburan pada tubuh manusia. Obesitas menjadi salah satu kendala sebagian pasangan untuk bisa mendapatkan momongan.

Makanan yang kaya dengan gizi dan nutrisi bisa menunjang kebutuhan tubuh sehingga berpengaruh terhadap program hamil yang sedang Anda jalankan. Selain itu, coba konsumsi makanan yang memiliki kandungan folat dan vitamin A. Anda juga bisa mengonsumsi susu untuk mengurangi risiko infertilitas (ketidaksuburan).

7. Memiliki Berat Badan yang Ideal
Berat badan yang ideal bisa menunjang potensi kehamilan menjadi lebih tinggi. Karenanya, penting bagi pasangan yang ingin menjalankan program hamil untuk menjaga berat badan agar tidak berlebihan apalagi obesitas.

Menjaga berat badan bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satunya adalah dengan berolahraga secara teratur. Selain menyehatkan, berolahraga bersama pasangan juga bisa menurunkan tingkat stres dan meningkatkan kebahagiaan.

8. Menurunkan Tingkat Stres
Beban hidup, pekerjaan, dan lingkungan sosial pasti menjadi beban sebagian orang. Apalagi, di masa pandemi yang keadaan mendadak menjadi serba tidak pasti, tingkat stres setiap orang bisa meningkat dibandingkan dalam keadaan biasa.

Stres menjadi salah satu kendala untuk bisa memiliki momongan. Lakukan hal yang menyenangkan jika Anda merasa tubuh kelelahan atau jenuh dan penat selepas bekerja.

9. Melakukan Terapi Relaksasi
Terapi relaksasi bisa menjadi opsi untuk bisa meningkatkan potensi kehamilan. Anda bisa memilih untuk melakukan konsultasi dan akupuntur yang berpengaruh terhadap fertilitas. Terapi seperti ini tidak hanya baik untuk kesuburan, tetapi juga untuk kebugaran tubuh dan kesegaran pikiran.

10. Mengukur Suhu Basal Tubuh pada Pagi Hari
Mengukur suhu tubuh pada pagi hari bisa menjadi salah satu cara untuk mendeteksi masa subur pada perempuan. Suhu tubuh pada masa subur atau sering disebut dengan istilah suhu basal tubuh meningkat sedikit dibandingkan biasanya.

Momen seperti inilah yang harus segera dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dengan melakukan hubungan seksual agar bisa memiliki momongan.

11. Melakukan Hubungan Seks Secara Rutin
Melakukan hubungan seks secara rutin tentu menjadi salah satu cara sederhana untuk bisa segera memiliki momongan. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Demikianlah 11 cara untuk bisa memiliki momongan bagi pasangan. Semoga bermanfaat, ya.

Sumber : suara.com