Biji Semangka Jangan Dibuang, Ini Manfaatnya untuk Tubuh

Ilustrasi. - Freepik
12 November 2020 07:47 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Salah satu buah yang digemari di Indonesia karena mudah mendapatkannya adalah semangka. Buah ini memiliki kandungan air yang cukup banyak sehingga menyegarkan saat disantap.

Semangka tidak hanya nikmat ketika dimakan, tetapi juga memiliki banyak khasiat terutama pada bagian bijinya. Dikutip Stylecraze, biji semangka kaya akan kandungan magnesium dan mineral yang baik untuk kesehatan di antaranya:

Memperkuat sistem imun tubuh

Biji semangka bermanfaat apalagi jika bijinya dipanggang, dikarenakan adanya zat besi dan mineral yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Selain mineral, vitamin B pada biji juga menambah manfaat untuk kesehatan tubuh.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa jika kekurangan magnesium maka akan berdampak pada sistem imun.

Meningkatkan kesuburan pria

Selain manfaat diatas, biji semangka juga bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan pria. Hal tersebut karena adanya zinc pada bijnya. Dengan tambahan zinc pada biji secara signifikan meningkatkan kualitas sperma pada pria yang tidak subur.

Meningkatkan kesehatan jantung

Pada biji semangka terdapat magnesium yang berperan untuk kesehatan jantung. Hal itu membantu jantung berfungsi dengan baik dan mengatur tekanan darah.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa biji semangka bermanfaat untuk jantung dikarenakan adanya antioksidan dan antiinflamasi. Tidak hanya itu bijinya juga kaya akan sumber zat citrulline yang berguna untuk mengurangi tekanan darah aorta dan melindungi jantung. Tidak hanya melindungi jantung namun ekstrak bijinya juga dapat menurunkan kadar kolesterol.

Memperkuat rambut

Biji semangka juga bermanfaat dalam menguatkan rambut dan menghindarkan rambut dari kerusakan. Jika tingkat magnesium Anda rendah hal tersebut berdampak buruk untuk rambut seperti kerontokan. Nah untuk mengatasi masalah ini ada baiknya perbanyak konsumsi biji-bijian yang mengandung magnesium.

Menyehatkan kulit

Masih dengan kandungan magnesium yang ada pada biji semangka, yang dapat mengurangi jerawat dan merawat kulit lainnya. Mineral pada biji dapat menurunkan tingkat kortisol, meningkatkan pembentukan sel dan menyeimbangkan hormon.

Baik untuk pengobatan diabetes

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Iran, biji semangka memiliki dampak baik dalam mengumpulkan glikogen yang dapat membantu mengobati diabetes. Dengan esktrak antidiabetic berguna untuk mengurangi tingkat glukosa. Tidak hanya antidiabetik, kandungan zat lain seperti asam lemak-omega 6 pada biji dapat mencegah diabetes tipe 2.

Meningkatkan kemampuan otak

Kandungan magnesium pada biji semangka dapat meningkatkan daya ingat. Hal ini juga dapat melawan penuaan ingatan yang di tunjukkan dengan sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa magnesium sangat membantu dalam meningkatkan ingatan dan menghindarkan seseorang dari penyakit Alzheimer.

Memperbaiki kesehatan pencernaan

Magnesium dalam biji semangka membantu mengaktifkan enzim untuk menyerap nutrisi. Hal tersebut memudahkan proses memecah makanan dan mencernanya dengan baik. Selain itu kandungan magnesium pada bijinya juga dapat menghasilkan dan mengangkut energi selama pencernaan.

Memperlambat penuaan

Dengan banyaknya kandungan magnesium pada biji semangka dapat memperlambat munculnya sel penuaan dan zinc yang juga berperan dalam pembentukan sintesis protein, pembelahan dan perbaikan sel. Dengan adanya magnesium dan zinc ini dapat membantu memperlambat proses penuaan sel.

Berita ini sudah ditayangkan di Okezone dengan judul Biji Semangka Miliki Khasiat untuk Perkuat Sistem Imun Tubuh

Sumber : Okezone