Advertisement

Psikolog: Bermain Adalah Cara Belajar Paling Alami untuk Anak

Newswire
Rabu, 18 November 2020 - 11:07 WIB
Nina Atmasari
Psikolog: Bermain Adalah Cara Belajar Paling Alami untuk Anak Ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA- Psikolog anak Rose Mini A.P. mengungkapkan bermain tidak hanya menjadi dunia yang menyenangkan bagi anak-anak, tetapi juga jadi medium untuk belajar paling alami, terutama bagi anak usia prasekolah.

"Anak itu senang sekali main. Didasari tidak keterpaksaan dan merupakan cara belajar paling alami. Jadi kalau anak 'Adek, ini duduk sini, legonya sudah di sini ya, harus main!, itu namanya bukan bermain. Kalau bermain artinya dia harus milih sendiri," tutur psikolog yang akrab disapa Bunda Romi itu dalam webinar bersama Kodomo Challenge, Rabu (18/11/2020).

Advertisement

Baca juga: Bersiap Liburan Natal? Ini Lokasi Wisata Penuh Keindahan

Lewat bermain, anak juga menambah wawasan, kemampuan, dan membentuk perilaku anak. Sehingga, sebaiknya anak dibiarkan saat menggunakan benda-benda yang ada di rumah sebagai media bermain, kata Bunda Romi. Sebab, aktivitas itu bisa merangsang daya kreatif anak.

Ia juga menyampaikan bahwa anak usia dini memiliki keunikan dengan cara berpikirnya yang masih konkret dan rasa ingin tahu besar. Mereka juga sangat senang berimajinasi.

Baca juga: Stres? Coba Saja Tata Ulang Benda di Rumah

"Anak usia dini itu unik banget. Pikirannya masih konkret. Jadi jangan sampai bilang 'Adek, ada pensil bisa digunakan untuk menulis', tapi tidak ditunjukan bendanya seperti apa. Otak anak hanya bisa menerima sesuatu yang konkret, ada wujudnya," jelas Bunda Romi.

"Kemudian, anak juga punya rasa ingin tahu yang besar. Itu yang menyebabkan semua barang di rumah berantakan. Dan suka berfantasi dengan imajinasi. Pura-pura masak-masakan, suka pakai sepatu hak tinggi, main mobil-mobilan pakai panci. Itu perlu untuk usia dini," lanjutnya.

Lewat bermain, orangtua juga bisa mengajarkan logical mathematical. Bunda Romi menjelaskan bahwa mengajarkan anak matematika logika tidak selalu dengan berhitung. Anak bisa diajak bermain dengan mengelompokkan mainannya berdasarkan warna, ukuran, atau pun jenisnya.

"Dasarnya seperti itu dulu. Belajar bilangan banyak, sedikit, kurang," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Empat Tahun Ditiadakan karena Covid-19, Open House Lebaran Sultan HB X Hari Ini Dihadiri Ribuan Orang

Jogja
| Selasa, 16 April 2024, 13:37 WIB

Advertisement

alt

AHY Bertekad Mempercepat Pemberantasan Mafia Tanah

News
| Selasa, 16 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement