Daya Tahan Tubuh Anda Melemah? Ini 5 Tandanya

Ilustrasi - JIBI/bisnis.com
18 November 2020 19:57 WIB Rika Anggraeni Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Menjaga sistem kekebalan tubuh merupakan upaya utama untuk meminimalkan infeksi virus Corona penyebab Covid-19.

Sistem daya tahan tubuh atau imun berfungsi seperti tameng di dalam diri kita yang bertugas untuk melindungi diri dari berbagai ancaman virus, infeksi, atau penyakit menular lainnya.

Karena itu, kita harus selalu menjaga daya tahan tubuh agar selalu fit kapan dan dimana saja. Caranya pun mudah, selalu ingat untuk menyantap makanan bergizi, istirahat yang cukup, dan berolahraga.

Meski demikian, perlu diingat bahwa keadaan tubuh setiap orang berbeda-beda. Ada banyak faktor yang bisa mengganggu kekebalan daya tahan tubuh sehingga rentan jatuh sakit.

Berikut lima tanda daya tahan tubuh yang mulai melemah seperti dikutip dari akun Instagram resmi @satgascovid19.id :

1. Tingkat stres tinggi
Stres jangka panjang bisa menjadikan sistem daya tahan tubuh melemah. Kondisi tersebut bisa menurunkan jumlah leukosit tubuh atau sel darah putih yang membantu melawan infeksi di badan.

2. Sering flu dan meriang
Flu dan meriang secara terus-menerus bisa menjadi tanda sistem daya tahan tubuh melemah. Antibodi seperti sedang kewalahan mengatasi gangguan yang ada pada tubuh.

3. Sering merasa lelah
Anda sering merasa lelah padahal tidur sudah cukup? Hati-hati, kondisi ini bisa menjadi tanda bahwa sistem daya tahan tubuh sedang melemah. Hal ini bisa terjadi karena sistem kekebalan tubuh juga turut mempengaruhi tingkat energi.

4. Penyembuhan luka lama
Melemahnya sistem daya tahan tubuh, berpotensi membuat membuat regenerasi kulit berjalan lambat sehingga luka sulit disembuhkan.

5. Mengalami masalah pencernaan
Penelitian menunjukkan hampir 70 persen sistem daya tahan tubuh terletak di saluran pencernaan. Waspada dan perhatikan sistem pencernaan Anda. Jika ada yang tidak normal, segera konsultasikan ke dokter.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia