Rambut Ikal pada Balita Memang Menggemaskan, Ini Tips Merawatnya

Balita rambut ikal
22 November 2020 08:27 WIB Krizia Putri Kinanti Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Setiap bayi memiliki karakter fisik yang berbeda-beda, salah satunya berambut ikal. Bayi atau balita berambut ikal adalah hal yang sangat menggemaskan.

Tetapi pada saat yang sama, mungkin sulit untuk mengatur dan merawatnya. Mereka seringkali kusut dan susah untuk diatur.

Baca juga: Orang Tua Perlu Tahu, Ini Gangguan Psikologis Anak saat Sekolah Tatap Muka

Karena itu, Ibu dengan anak-anak berambut keriting mungkin harus memiliki trik tersendiri untuk merawat rambut ikal buah hatinya.

Dikutip dari Parenting First Cry, Kamis (19/11/2020), Berikut beberapa tips perawatan mudah rambut keriting pada balita:

1. Kurangi Keramas

Terlalu banyak keramas bisa membuat rambut kering dan kusam, karena rambut keriting membutuhkan lebih banyak kelembapan. Keramaslah dua kali sepekan karena jenis rambut ini cukup rapuh dan rawan rusak saat basah juga.

Sampo biasa mengandung sulfat (deterjen) yang membersihkan rambut dengan benar tetapi dapat menghilangkan kelembapan dan minyak alami rambut, membuatnya kering dan rentan terhadap kerusakan. 

2. Jangan Biarkan Rambut Kusut

Ikal bisa kusut dengan sangat mudah. Tetapi Anda dapat mengambil langkah-langkah tertentu untuk menguranginya. Selain itu, bersihkan rambut dengan produk yang dirancang khusus untuk rambut keriting agar rutinitas keramas Anda lebih mudah. Ini mungkin juga dapat menambahkan tekstur lembut pada rambut.

Baca juga: Ini Menu Sarapan yang Tepat untuk Diet

Anda bisa menggunakan kondisioner dalam jumlah yang banyak setelah menggunakan Sampo. Biarkan kondisioner selama beberapa menit dan kemudian mulai bersihkan. Kondisioner dapat menghaluskan rambut dan membuatnya lebih mudah diatur. 

3. Perhatikan Cara Menyisir Rambut

Banyak orang percaya bahwa seseorang harus menghindari menyisir rambut ikal. Sebagai gantinya, Anda harus menggunakan sisir bergigi lebar atau jari saja. Beberapa orang mengatakan bahwa kuas basah sangat cocok dengan ikal. Anda dapat mencampur kedua pilihan: sisir rambut setelah keramas dan gunakan jari ketika rambut kering.

4. Gunakan Produk yang Sesuai

Sangat penting untuk menentukan tekstur rambut anak Anda dan kemudian memilih produk rambut yang dibuat khusus untuk jenis rambut tersebut guna mendapatkan hasil terbaik. Anda mungkin ingin memilih produk yang aman dan silikon, sulfat, paragon free. Anda mungkin merasa bingung untuk mencoba memastikan jenis rambut dan memilih produk yang sesuai. Mintalah bantuan ahli

5. Pakai Refreshing Curl

Rambut keriting mungkin akan terlihat paling baik setelah dicuci, karena ikalnya lebih jelas dan bentuknya mungkin tidak demikian saat dikeringkan. Anda dapat menyegarkan mereka dengan botol air semprot. Cukup semprotkan rambut dan tambahkan sedikit kondisioner untuk menegaskannya lagi. Selain itu, Anda dapat menghilangkan kusut saat Anda mengaplikasikan kondisioner. 

6. Pilih Kondisioner Tanpa Bilas

Menggunakan kondisioner tanpa bilas, krim atau minyak setelah keramas dapat membantu Anda mendapatkan hasil keriting terbaik. Oleskan kondisioner tepat setelah mandi. Anda dapat menambahkannya lebih lanjut dengan menambahkan sedikit minyak kelapa dan menyelesaikannya dengan gel atau serum untuk membantu memaksimalkan kelembapannya.

Sumber : Bisnis.com