Advertisement

Jangan Buang Sisa Nasi, Bisa Jadi Bahan Pembuat Hand Sanitizer

Newswire
Senin, 23 November 2020 - 14:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Jangan Buang Sisa Nasi, Bisa Jadi Bahan Pembuat Hand Sanitizer Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Hand sanitizer bisa dibuat dari bahan alami yang ada di sekitar kita. Buktinya, lima Mahasiswa Fakultas Vokasi Universitas Airlangga menciptakan formula hand sanitizer alami berbahan dasar limbah nasi.

Lima mahasiswa yang berasal dari Prodi D3 Teknologi Laboratorium Medis ini terdiri atas Yasmin Auliya Hylmi, Annisa Maulidya, Ajeng Dilla Lestari, Hilda Rachmania Panglipurning dan Silvia Eka Kurniawati.

Advertisement

“Kami berhasil menciptakan formula bioetanol dari nasi basi dengan penambahan ekstrak daun kemangi yang berpotensi sebagai inovasi hand sanitizer alami,” kata Yasmin Auliya Hylmi, Ketua Tim Mahasiswa, Senin (23/11/2020).

Ia melanjutkan, kandungan formula bioetanol dari nasi basi dengan penambahan ekstrak daun kemangi itu efektif membunuh berbagai mikroba. Seperti bakteri dan jamur termasuk coronaviruses.

Baca juga: Pajak Digital Gagal Disepekati di KTT G20 Tahun Ini

Selain itu, katanya, formula buatan mahasisa Universitas Airlangga tersebut memiliki sejumlah keunggulan. Pertama, tidak mengandung metanol. Sehingga tidak menimbulkan efek toksisitas. Selanjutnya, bahan dasar yang digunakan alami. Formula tersebut juga murah. Pasalnya, hand sanitizer ini berbahan dasar limbah. Meskipun dari limbah, formula tersebut efisien digunakan.

Baca Juga: Ada Ruang Pelayanan Pasien Gigi Bertekanan Negatif Saat Pandemi, Apa Itu?

Selanjutnya, kandungan itu tidak hanya berperan sebagai antibakteri, tetapi juga sebagai anti virus dan anti fungi.

“Kami menggunakan metode destilasi bertingkat serta peragian untuk mendapatkan kadar bioetanol dari limbah nasi. Takarannya sesuai dengan kadar efektif hand sanitizer, yakni sekitar 60 hingga 80 persen,” jelasnya.

Sementara itu, ekstraksi daun kemangi dilakukan menggunakan metode maserasi. Pelarut dengan tingkat kepolaran tertentu digunakan agar mendapatkan ekstrak yang diharapkan. Finalisasi uji fitokimia juga telah dilakukan.

Baca juga: Barusan Nikah, Malam Pertama Sule Ternyata Gagal

Yasmin menambahkan, ide memanfaatkan limbah nasi itu muncul lantaran tidak sedikit nasi yang terbuang secara cuma-cuma dari warung makan. Selain itu, fasilitas cuci tangan di era pandemi masih minim.

“Kami mencoba menggabungkan beberapa masalah tersebut untuk mendapatkan satu solusi yang kami harap efektif sebagai penyelesaian,” ujar mahasiswa Universitas Arilangga ini .

Gagasan yang tercipta itu diikutsertakan dalam Olimpiade Vokasi Indonesia (OLIVIA) 2020. Setelah melalui persaingan yang cukup ketat, Yasmin dan timnya berhasil membawa pulang Juara LKTI Sub Kategori Saintek Inovasi Bioekonomi.

Berita ini sudah tayang di Okezone dengan judul "Limbah Nasi Ternyata Bisa Dibuat Formula Hand Sanitizer". 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement