Perempuan Wajib Tahu, Ini 5 Tip Sehat Bersihkan Vagina

Ilustrasi. - Ist/Freepik
25 November 2020 03:17 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA- Vagina menjadi organ intim yang paling sensitif bagi perempuan. Karenanya, setiap perempuan perlu berhati-hati dalam menjaga kebersihannya. Sebab saat kebersihannya tidak terjaga vagina bisa terasa gatal, tak nyaman, hingga jadi sarang jamur.

Saat mencuci vagina mungkin Anda akan bertanya-tanya mana yang lebih baik antara sabun biasa dan pembersih khusus vagina. Menjawab kebingungan tersebut berikut beberapa cara sehat membersihkan vagina yang dilansir dari Healthshots, antara lain:

1. Amankah Memakai Pembersih Vagina?

Para ahli menyarankan agar tidak menggunkan pencuci atau pembersih vagina yang banyak muncul pasaran. Sebab sering kali bahan kimia dan wewangian dalam pembersih organ intim dapat mengganggu keseimbangan pH vagina dan menghilangkan bakteri baik.

2. Amankah Pakai Sabun?

Sabun lembut bebas pewangi bisa digunakan untuk membersihkan vagina. "Sangat aman menggunakan sabun untuk membersihkan daerah vulva, tapi pastikan bebas bahan kimia dan pewangi," kata Dokter Nupur Gupta, Direktur, Departemen Obstetri dan Ginekologi, Fortis, Gurugram.

3. Area Mana yang Aman Dibersihkan?

Dokter Gupta menyatakan bahwa pembersihan yang aman di area vagina adalah membersihkan vulva, bukan vagina bagian dalam. Menurut dokter Gupta, vulva adalah bagian yang perlu dicuci secara teratur.

Pastikan Anda hanya membersihkan bagian luar dan menjauhkan sabun dari lubang vagina.

4. Pakai Air Panas atau Dingin?

Mengenai suhu air, dokter Gupta menyarankan bahwa menggunakan air hangat adalah pilihan yang lebih baik. Hal ini disebabkan karena air hangat dapat membantu membunuh beberapa bakteri jahat.

Meskipun begitu, air dingin juga masih diperbolehkan untuk membersihkan area vagina.

5. Bagaimana Cara Aman Membersihkannya?

Dokter Gupta menyarankan agar Anda selalu mencuci vulva dari arah depan ke belakang. "Mencuci dari belakang ke depan dapat menyebabkan bakteri memasuki lubang vagina Anda dan menyebabkan infeksi tertentu," ujar dokter Gupta.

Setelah selesai mencuci, pastikan Anda mengusapnya hingga kering menggunakan handuk atau tisu karena membiarkannya basah dapat menyebabkan infeksi vagina.

Sumber : Suara.com