Advertisement

Ini Ciri-ciri Orang Narsistik. Anda Termasuk?

Krizia Putri Kinanti
Kamis, 26 November 2020 - 14:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Ini Ciri-ciri Orang Narsistik. Anda Termasuk? Marah - boldsky.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Memiliki pasangan yang narsistik bisa mengganggu pikiran kita. Mereka terkadang menganggap selalu lebih baik.

Mengutip dari Parenting Firstcry, Kamis (26/11/2020), jika mantan Anda mengidap Narcissistic Personality Disorder (NPD), maka ada beberapa indikator perilaku. Berikut ciri pasangan narsistik:

Advertisement

1. Selalu merasa istimewa

Orang narsistik selalu memproyeksikan citra diri mereka sendiri sebagai orang yang lebih baik dari orang lain. Kisah yang mereka ceritakan diakhiri dengan bagaimana mereka muncul sebagai pahlawan.

Mereka juga akan memberi tahu orang-orang tentang betapa menakjubkannya keluarga mereka. Meskipun itu bisa membuat mereka tampak seperti orang tua yang hebat, mereka benar-benar menempatkan diri mereka di atas tumpuan sebagai landasan keluarga yang luar biasa.

2. Kurang empati

Pada awalnya, Anda terkesima oleh pesonanya, tetapi segera Anda menyadari bahwa mereka tidak benar-benar membawa Anda ke level yang dalam. Anda akan melihat betapa tidak akuratnya mereka dalam memahami maksud dan motivasi orang lain dan bahkan teman dekat.

3. Sulit bersantai

Orang-orang narsistik biasanya terlihat tidak dewasa dan cenderung berperilaku seperti remaja, bahkan saat berusia paruh baya. Mereka sangat memperhatikan penampilan mereka dan sulit bersantai.

4. Superprioritas

Orang narsisis percaya bahwa mereka tidak tersentuh oleh hukum dan memiliki rasa superioritas. Mereka juga sering memperlakukan orang sesuai kasta sosial.

Selain itu, jika orang narsistik menipu Anda maka mereka yakin bahwa selalu ada kata maaf bagi mereka.

5. Cenderung melakukan perlawanan

Jika seorang psikolog mendiagnosis orang narsistik, maka mereka mungkin menolak untuk menerima bahwa mereka narsistik karena mereka mengenal diri mereka lebih baik daripada psikolog.

Karena itu, konseling jarang berhasil pada orang narsisis. Mereka juga akan meremehkan atasan mereka atau siapa pun yang tidak mereka setujui di depan orang lain.

6. Selalu iri

Hati mereka penuh dengan rasa iri pada siapapun yang lebih baik dari mereka. Jika mantan kekasih Anda terus-menerus merendahkan Anda dan merasa tidak mungkin untuk mendukung kesuksesan Anda, itu adalah tanda narsisme yang jelas. Mereka memandang siapa pun yang melakukannya dengan lebih baik sebagai ancaman.

Mantan narsistik Anda tidak menghargai batasan Anda. Mereka merasa berhak atas apa yang mereka inginkan dan akan menggunakan siapa saja untuk mendapatkannya. Mereka tidak peduli dengan barang, privasi, atau bahkan perasaan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Prediksi Cuaca Jogja dan Sekitarnya Sabtu 27 April 2024: Hujan Sedang di Siang Hari

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 05:57 WIB

Advertisement

alt

Pembangunan Rusun ASN di IKN Capai 40 Persen

News
| Sabtu, 27 April 2024, 05:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement